Mobil-mobil Bekas Rp30 Jutaan Ini Masih Layak Pakai

Toyota Starlet.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Naiknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat beberapa harga mobil baru naik. Dengan kondisi ini, mereka yang dari kalangan ekonomi menengah ke bawah tentu semakin sulit mencari kendaraan pribadi beroda empat.

Calya-Sigra Muncul, Pedagang Mobil Bekas Mengeluh

Salah satu solusinya adalah membeli mobil bekas pakai. Namun, kendala utama mobil bekas adalah kualitasnya yang sudah tidak bagus lagi. Rata-rata mobil bekas yang dijual dengan harga di bawah Rp50 juta adalah buatan sekitar 1990-an.

Sebenarnya mobil-mobil lawas tidak semuanya memiliki kualitas yang buruk. Ada beberapa mobil lawas yang hingga kini masih menjadi andalan masyarakat perkotaan. Kunci utama agar kondisi mobil terus prima adalah perawatannya.

Ini Harga Agya-Ayla Bekas Usai Calya-Sigra Hadir

Selain itu, tidak sedikit pula mobil-mobil buatan era 90-an yang didatangkan langsung dari negara pembuatnya, sehingga kualitas materialnya masih cukup baik.

Berdasarkan hasil penelusuran VIVA.co.id ke beberapa situs penjual mobil bekas, Jumat 18 September 2015, ada beberapa model mobil yang hingga saat ini masih banyak digunakan dan biaya perawatannya pun cukup terjangkau.

Ingin Beli Mobil Bekas? Perhatikan Empat Hal Ini

Dengan harga jual yang ada di kisaran Rp30-40 juta, mobil-mobil ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang hendak beralih dari roda dua ke roda empat. Dan berikut daftarnya:

Honda

Di kisaran harga Rp35 jutaan, merek Honda buatan lawas yang masih banyak berseliweran di jalan adalah Accord Maestro lansiran 1990 dan Grand Civic LX buatan 1988-1989.

Dua sedan ini dikenal memiliki suspensi yang nyaman. Ketersediaan suku cadangnya juga masih banyak, meski harganya relatif lebih mahal ketimbang merek lain. Namun yang jelas, tampilan kedua mobil ini sudah cukup moderen dan tidak kalah dengan mobil-mobil keluaran terbaru.

Toyota

Ada dua jenis mobil Toyota bekas yang masuk dalam kisaran harga Rp30 jutaan, yaitu multi purpose vehicle (MPV) dan hatchback. Baik Kijang maupun Starlet dikenal sebagai model yang paling laris pada zamannya.

Kijang Rover lansiran 1990-1992 masih banyak digunakan sebagai transportasi sehari-hari. Meski interiornya sederhana, namun mesin 1.500cc yang diusung cukup irit bahan bakar dan mudah dicari suku cadangnya.

Sementara Starlet buatan 1988, yang dikenal dengan sebutan Starko (Starlet kotak), pernah jadi mobil idaman kawula muda pada era 90-an. Ukurannya yang kecil dan mesin 1.000cc yang irit bahan bakar dianggap pas untuk pergi kuliah maupun berkumpul bersama kawan-kawan.

Mitsubishi

Zaman dulu, produk Mitsubishi banyak diminati oleh mereka yang gemar memacu adrenalin. Mobil sedan Mitsubishi buatan 1990 yang saat ini dijual dengan harga Rp30 jutaan adalah Mitsubishi Eterna.

Bermesin 2.000cc, mobil ini kerap jadi andalan para pemula yang ingin terjun ke dunia balap, baik aspal maupun reli. Meski harga suku cadangnya cukup mahal, namun banyak suku cadang balap yang tersedia untuk mobil ini.

Suzuki

Meski saat ini penjualan Suzuki kurang menggembirakan, namun dulu mereka pernah memiliki model-model yang banyak peminatnya. Salah satunya adalah mobil jip Suzuki Katana.

Katana yang dibuat sekitar tahun 1990 kini dijual dengan harga Rp30-40 juta. Beberapa penjual bahkan menawarkan model GX, yang merupakan varian paling lengkap dari Katana. Tentu saja kondisinya harus diperiksa seksama, karena biasanya tipe GX dijual dengan harga Rp40-50 juta

Mesin 1.000cc yang irit dan suspensi per daun membuat harga suku cadangnya tidak terlalu mahal. Hanya saja kenyamanan berkurang, karena kabinnya yang kecil dan as roda masih terhubung antara kiri dan kanan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya