VIDEO: Uji Tabrak Mobil Murah Datsun Go Buatan Indonesia

Uji tabrak
Sumber :
  • Capture Youtube.

VIVA.co.id - Baru-baru ini, badan khusus yang mengawasi keamanan mobil-mobil keluaran terbaru di wilayah Asia Tenggara, ASEAN NCAP (New Car Assessment Program), merilis hasil uji tabrak anyar yang dilakukannya.

Kali ini, uji tabrak dilakukan terhadap sejumlah mobil murah ramah lingkungan (low cost and green car atau LCGC) buatan Indonesia. ASEAN NCAP tak sendiri, kali ini mereka menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan pengetesan uji tabrak.

Dilansir Indianautosblog, Rabu 23 September 2015, satu di antara mobil yang diuji adalah Datsun Go hatchback. Menurut Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim, pengujian dilakukan untuk mengetahui seberapa aman sasis dan bodi mobil tersebut untuk melindunginya.

Dari hasil uji tabrak, Datsun Go yang sudah dilengkapi dengan kantong udara (airbag) pada bagian pengemudi, mendapat nilai total dua dari lima bintang sebagai acuan rating keselamatan.

Fortuner dan Innova Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Datsun Go pada sisi penumpang dewasa mendapatkan skor 6,82/16, sedangkan sisi perlindungan penumpang anak-anak 2/5. Pada bagian samping, Datsun mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Kendati demikian, hasil ini lebih baik dari uji tabrak Datsun Go buatan India yang tak mendapat satu bintang pun dalam sebuah tes belum lama ini. Diketahui, ini terjadi lantaran Datsun GO Panca buatan Karawang Indonesia, sudah dibekali airbag pada sisi pengemudi.

Sementara itu, dalam sebuah keterangan yang dirilis Global NCAP, penambahan fitur keamanan airbag pada Go akan sia-sia, karena mobil tersebut memiliki struktur bodi yang ringan. Jika terjadi benturan keras akan membahayakan penumpang dan pengemudi.

Berikut video uji tabrak Datsun Go:

Harga Mobil Datsun di Indonesia Naik, Berapa?
Toyota Calya.

Toyota Calya Siap 'Recoki' Datsun Go+ Panca

Mobil ini diklaim Toyota bakal menjadi primadona baru.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016