SUV Listrik Ini Memiliki Fitur 'Serangan Zat Kimia'

SUV listrik Tesla X.
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA.co.id - Setelah sempat beberapa kali ditunda peluncurannya, Tesla Motors hari ini, Rabu 30 September 2015, akhirnya resmi menghadirkan sport utility vehicle (SUV) pertama mereka, yaitu Model X.

Hadir Mobil Mainan Keren Buat Anak, Berapa Harganya?

VIVA.co.id berkesempatan menyaksikan peluncuran mobil ini, melalui layanan live streaming yang disediakan pihak Tesla Motors.

Bos Tesla Motors, Elon Musk, mengatakan Model X adalah sebuah mobil yang dirancang dengan mengutamakan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara. Mobil yang mampu menampung tujuh orang ini menggunakan dua motor listrik sebagai penggeraknya.

VIDEO: Mobil Ini Bisa 'Dipanggil' Saat Dibutuhkan

Saat presentasi, Musk mengatakan bagian depan yang kosong dapat memaksimalkan benturan saat terjadi tabrakan. Kekosongan ini adalah berkat penggunaan motor listrik berukuran kecil, sehingga hemat tempat.

Baterai yang digunakan sebagai sumber listrik dibuat memanjang pada bagian bawah mobil, sekaligus berfungsi sebagai lantai. Untuk jarak tempuh, Model X dapat menjangkau jarak hingga lebih dari 400 kilometer dalam satu kali pengisian baterai.

Ini Penampakan Mobil Listrik Besutan Apple

Titik gravitasi yang rendah juga membuat mobil ini diklaim tidak mudah terbalik. Musk mengatakan, Model X sudah dirancang secara detail, sehingga saat terguling, posisi mobil akan berakhir dengan keempat roda menjejak tanah.

Keunggulan lain mobil ini adalah pintu belakang yang disebut dengan sayap elang (falcon doors). Dengan menggunakan engsel tambahan dan beberapa sensor, pintu ini tetap dapat dibuka, meski jarak dengan kendaraan lain cukup sempit.

Yang unik, Model X dilengkapi dengan fitur penyaring udara kabin beberapa lapis. Dengan menggunakan teknologi tercanggih yang ada saat ini, penyaring dapat membuat udara kabin sama bersihnya dengan ruang operasi di rumah sakit.

Bahkan, ada tombol khusus yang diberi nama "bioweapon defense mode". Fungsinya adalah untuk memaksimalkan kemampuan penyaring memisahkan zat yang berbahaya bagi tubuh manusia, agar tidak masuk ke dalam kabin.

Tesla menjual Model X dalam beberapa variasi, dengan harga mulai dari US$132 ribu, atau setara dengan Rp1,9 miliar. Mobil ini rencananya akan mulai dikirim ke konsumen pada pertengahan 2016 mendatang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya