Daftar Mobil Buatan Karawang yang Laris Manis di Luar Negeri

New Fortuner TRD Sportivo (diesel)
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan pencapaiannya dalam hal ekspor di 2015. Menurut laporan yang dipaparkan TMMIN, ekspor Toyota terbilang positif. Ekspor mobil yang dibuat di Karawang, Jawa Barat ini disampaikan laris manis di negeri orang.

Berdasarakan data yang diperoleh sepanjang Januari-Agustus 2015, Toyota telah mengeskpor 122 ribu mobil ke berbagai negara; mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.

Menurut Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, I Made Dana Tangkas, pencapaian angka 122 ribu unit selama delapan bulan, merupakan 70 persen dari target awal, yaitu 175 ribu hingga akhir 2015.

“Hingga saat ini, kinerja ekspor kami sesuai dengan rencana,” ungkap Made dalam keterangan tertulisnya, Kamis 1 Oktober 2015.

Dari data penjualan ekspor, Fortuner tercatat sebagai mobil terlaris dengan angka pengiriman ke pasar global mencapai 34 ribu unit.

Mobil 'bongsor' yang masuk dalam segmen SUV (Sport Utility Vehicle) ini diekspor ke berbagai negara; antara lain Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Jordania, Libanon, Suriah, Oman, Kuwait, Bahrain, Yaman, Filipina, Nigeria, Ghana, Amerika Latin, dan Karibia.

Sementara itu, Vios menempati posisi kedua dengan volume ekspor 33 ribu unit. Sedan entry level ini dijual ke Uni Emirat Arab, Jordania, Bahrain, Libanon, Qatar, Yaman, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Sedangkan Kijang Innova memberi kontribusi sebanyak 12 ribu unit. Mobil ini pun diekpsor ke Thailand, Brunei Darussalam, Arab Saudi, UniEmirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Qatar, Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Karibia.

Model lainnya yang tidak kalah diminati konsumen manca Negara, yaitu Avanza, Town Ace/Town Lite, Agya, Rush, dan Yaris berhasil membukukan volume ekspor sebanyak 43 ribu unit.

Selain CBU, kinerja ekspor kendaraan terurai (CKD/Completely Knock Down) tercatat sebanyak 29 ribu unit, mesin utuh bensin sebanyak 29 ribu unit, mesin utuh etanol sebanyak 7.000 unit, dan komponen kendaraan 39 juta buah.

Tiga Mobil Toyota Buatan Indonesia yang Laris di Luar Negeri

Tercatat, lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika menjadi daerah tujuan ekspor Toyota Indonesia. (asp)

Toyota Calya

Belum Lama Meluncur, Penjualan Calya Sudah Salip Agya

Kisaran harga Calya antara Rp129,65 - 150 juta.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016