Prediksi Tren Mobil di Indonesia Tahun Depan

Daihatsu Perkenalkan Mobil Konsep di GIIAS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Belum Lama Meluncur, Penjualan Calya Sudah Salip Agya
- Industri otomotif yang semakin berkembang membuat perubahan untuk tren mobil terjadi setiap tahunnya. Adanya berbagai pilihan segmen mobil, tentu saja memberikan warna dalam persaingan pasar otomotif Tanah Air. Lalu apa sekiranya mobil yang akan menjadi tren di tahun 2016?

Begini Jadinya Jika Mobil Van Angkut Sapi

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Otomotif Suhari Sargo mengatakan tren mobil tahun depan diprediksi masih sama dengan tren tahun ini. Namun, ada sejumlah peningkatan penjualan pada beberapa segmen mobil, seperti
Besok, Mobil Murah 7 Penumpang Toyota-Daihatsu Meluncur
Sport Utility Vehicle (SUV) yang terus melesat naik.


“Peta tren mobil tahun depan masih tidak berubah, masih di segmen MPV (
Multi Purpose Vehicle
) yang paling laris. Karena kita melihat gaya hidup orang Indonesia saat ini yang masih gemar pergi dengan sanak saudara (keluarga besar),” kata Suhari Sargo kepada
VIVA.co.id
, Selasa 13 Oktober 2015.


Terdapat pilihan mobil di segmen lain, seperti SUV, LCGC (
Low Cost Green Car
) dan sedan. Namun, diungkapkan Suhari masih belum mampu menggeser tren MPV sampai tahun depan.


“Apabila kita melihat dari kemampuan yang dimiliki masyarakat secara total, paling memungkinkan bila tren mobil tahun depan masih dipegang oleh MPV, meskipun ada pilihan di segmen lainnya. Kedua ditempati SUV, lalu sedan, dan LCGC,” katanya.


Menurutnya, MPV yang masih akan laris penjualannya yakni Low MPV yang memiliki ciri mesin di bawah 1.500cc, lalu Medium MPV antara 1.500-1.800cc, dan Upper MPV yang mesinnya di atas 1.800cc.


"Kalau sedan ke depan masih akan tetap, tidak berpengaruh karena pasarnya masih sama. Jadi tidak menurun, tapi juga tidak naik," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya