Resep Ampuh Bersihkan Jok Mobil Tanpa Biaya

Ilustrasi interior jok kulit.
Sumber :
  • Foto: Dok Mercedes-Benz
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Salah satu faktor kenyamanan kabin mobil tentu saja pada jok. Tak heran, para pemilik mobil rela merogoh kocek agar joknya nyaman, salah satunya menggunakan kulit sintetis.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Namun ternyata untuk membersihkan bagian jok rupanya tak perlu
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
treatment khusus, apalagi harus pergi ke salon mobil yang cukup mahal.


Hal itupula yang diungkapkan Direktur Marketing PT Agung Poly Nugraha (APN) - produsen jok kulit sintetis buatan lokal, Henry Winson. Henry menyatakan untuk membersihkan pembungkus jok yang terbuat dari kulit sintetis cukup menggunakan air biasa.


"Tapi memang tergantung nodanya seberapa lama. Tapi kalau rekomendasi, begitu kena noda langsung dicuci pakai air dan dihapus pakai lap," ujar Henry di kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu malam, 21 Oktober 2015.


Kata Henry, selain air biasa, untuk membersihkan jok juga bisa menggunakan sabun cuci tangan yang bisa digunakan sehari-hari dan dibeli di mana saja.


"Karena sabun cuci tangan atau sabun untuk kulit itu aman untuk bahan sintetis," katanya.


Sementara jika terkena noda berminyak, Henry mengakui hal itu sangat sulit dihilangkan. Sebab, kotoran berminyak seperti saus tomat bahkan tinta pulpen, bisa langsung menyerap dan merusak bagian pelapis jok kulit.


"Tidak perlu pembersih khusus. Tapi, kalau kotoran berminyak seperti tinta pulpen, ada baiknya saat kena langsung dihapus. Jika lebih dari satu-dua jam itu akan sulit. Kalau makin digosok justru bisa buat rusak pelapis pelindungnya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya