Mobil-mobil Buatan Karawang Ini Laris di Luar Negeri

All New Vios
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVA.co.id
Belum Lama Meluncur, Penjualan Calya Sudah Salip Agya
- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku pihak yang memproduksi kendaraan Toyota di Karawang, Bekasi, berbangga hati. Sebab, mobil-mobil yang dibuat di dalam negeri itu sanggup menarik konsumen di sejumlah negara di dunia.

Tiga Mobil Toyota Buatan Indonesia yang Laris di Luar Negeri

TMMIN menyatakan, selama Januari-Oktober 2015, ekspor kendaraan utuh atau CBU (
Pamerkan 23 Mobil Baru di IIMS, Honda Klaim Banjir Pesanan
Completely Built Up ) Toyota mencapai 158 ribu unit atau sekira 90 persen dari target tahun ini, yaitu sebesar 175 ribu  unit.


Menurut I Made Dana Tangkas, Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, tingginya ekspor yang dilakukan TMMIN tak lain karena adanya berbagai dukungan termasuk dari Pemerintah Indonesia.


“Selain itu, kami berterima kasih pada para rantai pemasok sehingga memberikan kesempatan yang luas bagi kami untuk bisa mempertahankan performa ekspor di tengah kondisi perekonomian dunia yang penuh dengan tantangan ini. Harapan kami, target yang ditetapkan dapat kami penuhi dengan baik,” ucap I Made dalam keterangan tertulisnya, Kamis 19 November 2015.


Secara keseluruhan, volume ekspor CBU Januari-Oktober2015 Toyota mengalami peningkatan sebesar 19 persen dibandingkan periode yang sama di 2014 yang hanya 133 ribu unit.


Dari data penjualan ekspor, mobil-mobil yang diproduksi di pabrik Toyota Karawang, Jawa Barat dan Sunter, Jakarta ini antara lain, Vios mencapai 44 ribu unit, kemudian disusul Fortuner sebanyak 42 ribu unit dan Kijang Innova sebesar 14 ribu unit.


Sedangkan model lainnya yaitu Avanza, Town Ace/Town Lite, Agya, Rush dan Yaris, secara total membukukan volume ekspor mencpaai 58 ribu unit.


Selain kendaraan utuh, ekspor juga dilakukan dalam bentuk kendaraan terurai atau CKD (
Completely Knock Down
) sebanyak 37 ribu unit, mesin utuh bensin sebanyak 44 ribu unit, mesin utuh etanol 7 ribu unit dan komponen kendaraan 45,6 juta buah.


Tercatat lebih dari 70 negara di kawasan Asia-Pasifik, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika menjadi daerah tujuan ekspor Toyota Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya