- VIVA.co.id/Hadi Suprapto
VIVA.co.id - Di tengah kondisi ekonomi yang masih lesu, berbagai cara dilakukan oleh para perusahaan otomotif. Ini untuk meningkatkan penjualan dan menancapkan kuku bisnisnya.
Hal ini pula yang ditempuh PT Toyota Astra Motor (TAM), agar tetap menjadi penguasa di pasar otomotif nasional, khususnya roda empat, dengan perolehan market share di angka 30 persen.
Untuk mencapai target tersebut, menurut Direktur Marketing PT TAM, Rahmat Samulo, Toyota akan menerapkan tiga strategi jitu yang dipercaya dapat mencapai target hingga akhir 2015.
“Pertama, menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan. Maka kita selalu memperbarui produk,” ujar Samulo saat peluncuran All New Kijang Innova di salah satu hotel di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa, 24 November 2015.
Untuk mencapai strategi hingga akhir tahun, Toyota, telah meluncurkan tiga model terbaru dari sejumlah line-up nya, antara lain dengan menghadirkan Grand New Avanza, All New Hilux, dan juga terbaru All New Kijang Innova.
Strategi kedua yakni pelayanan. Menurut Samulo, pelayanan yang diberikan ada dua jenis, yaitu pelayanan ketika hendak membeli mobil dan pelayanan ketika sudah menggunakan mobil. Sedangkan strategi ketiga yakni memfasilitasi konsumen dengan menyediakan cabang atau outlet di berbagi daerah di Indonesia.
“Itulah strategi yang selalu konsisten kita perkuat terus. Itulah yang menjadi dasar kenapa Toyota bisa menguasai pasar."
(mus)