Visi McLaren tentang 'Jet Darat' Masa Depan

McLaren MP4-X.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Sejak pertama kali balapan Formula 1 digelar 65 tahun lalu, sudah banyak pebalap yang menjadi korban dari sengitnya pertarungan 'jet darat' ini.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Demi menjaga sportivitas dan keamanan, penyelenggara beberapa kali mengubah aturan, baik mengenai spesifikasi mobil maupun jalannya balapan. Hal ini dianggap oleh sebagian penggemar membuat jalannya balapan menjadi kurang menarik.

Meski kini banyak sekali aturan, namun hal itu tidak lantas membuat tim McLaren berhenti melakukan inovasi.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Bahkan, seperti dilansir dari Autoevolution, Jumat 4 Desember 2015, baru-baru ini mereka mengenalkan pada publik visi mereka tentang desain dari mobil balap masa depan.

Dari desain yang mereka tunjukkan, terlihat mobil mengusung bentuk yang jauh lebih ekstrem ketimbang mobil-mobil F1 saat ini. Mobil yang mereka beri nama MP4-X ini menggunakan kanopi sebagai pelindung pebalap.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Kanopi yang digunakan terbuat dari material khusus yang bisa menampilkan gambar. Jadi, apa yang dilihat pebalap adalah hasil dari rekaman video yang dipasang di berbagai titik.

Keunggulan dari sistem ini adalah pengemudi mobil tidak perlu risau mengenai intensitas cahaya yang terlalu terang atau jalur yang tidak kelihatan akibat diguyur hujan deras.

Selain itu, kanopi juga bisa menampilkan gambar mengenai situasi yang ada di belakang mobil. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui arah dari mobil-mobil yang menjadi lawan.

Fitur canggih juga dipasang pada keempat ban, di mana berbagai macam sensor akan mendeteksi kondisi dari ban. Sensor akan memberi peringatan apabila kondisi ban tidak memungkinkan lagi untuk digunakan.

Keunikan lain dari mobil ini adalah tidak adanya setir atau kemudi. Pebalap akan menggunakan sinyal yang dihasilkan oleh otak mereka untuk menentukan arah dan laju mobil.

Teknologi aerodinamika aktif yang saat ini dilarang oleh penyelenggara F1 ditampilkan kembali pada MP4-X. Sayap dan bagian bawah mobil dirancang untuk mengoptimalkan daya tekan ke bawah saat mobil memasuki tikungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya