Deretan Diskon Mobil LCGC, Mana Paling Besar?

Datsun GO+ dengan aksesorisnya.
Sumber :
  • Foto: Herdi Muhardi/VIVAnews
VIVA.co.id
Berburu Kendaraan Harga 'Miring' di IIMS
- Sejumlah diler mobil di Tanah Air terus melakukan promo diskon jorjoran di akhir tahun. Untuk menghabiskan stok kendaraan yang menumpuk, ditambah untuk memenuhi target penjualan, program diskon sepertinya menjadi cara ampuh untuk menggaet konsumen.

Panduan Perhitungan Kredit Mobil Toyota Agya

Diskon yang paling diburu masyarakat ialah kendaraan murah ramah lingkungan alias
Ingin Beli Mobil KIA Baru? Manfaatkan Tawaran Diskon Ini
Low Cost and Green Car (LCGC), inisiasi pemerintah. Mobil seharga Rp100 jutaan itu dilirik karena harganya yang murah dan lumayan irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Hal itu disuarakan sejumlah wiraniaga diler otomotif di Jakarta.

Lantas, berapakah diskon-diskon yang ditawarkan untuk LCGC di akhir tahun?


Pertama datang dari merek mobil Datsun. Perusahaan saudara dari Nissan ini menawarkan program menarik seperti rabat dan
Down Payment
(DP) murah. Berdasarkan keterangan salah seorang wiraniaga Datsun di kawasan Cawang, Jakarta, konsumen cukup membawa uang Rp15 juta untuk bisa membawa pulang mobil murah Datsun.


“Kita tidak ada diskon, tapi ada DP bersubsidi. Awalnya DP Rp30 juta tapi saat ini jadi Rp15 juta. Jadi dengan Rp15 juta sudah bisa memiliki mobil Datsun," kata wiraniaga  Datsun, Suroto, kepada
VIVA.co.id
.


Ia menjelaskan, dengan besaran DP tersebut, cicilan bisa disesuaikan tergantung kemauan konsumen. "Kalau tenor lima tahun DP segitu (Rp15 juta) cicilan perbulannya Rp2,9 juta," kata dia menjelaskan.


Sementara itu, rabat untuk LCGC juga diberikan Toyota dan Daihatsu melalui mobil murah kembar mereka, yakni Agya dan Ayla. Menurut salah seorang wiraniaga Toyota, besaran diskon akhir tahun khusus LCGC Agya sekira Rp9-10 jutaan.


“Sebenarnya bisa lebih tinggi lagi diskonnya. Diskon ini untuk semua tipe, serta transmisi matik atau manual,” ungkap salah seorang wiraniaga di diler Toyota, kawasan Jakarta Selatan, kepada
VIVA.co.id
.


Wiraniaga itu juga menyatakan, diskon dengan kisaran Rp9-10 juta ini ditawarkan baik untuk pembelian tunai maupun kredit. Konsumen bisa melakukan pembayaran dengan DP sebesar 30 persen.


Diskon akhir tahun juga disajikan diler Daihatsu untuk mobil murah kembaran Agya yakni Daihatsu Ayla. “Diskonnya Rp9 jutaan, tapi bisa lebih dikit nanti ditambahin kalau jadi,” ujar salah seorang wiraniaga Daihatsu.


Tenaga penjual tersebut juga menuturkan, untuk pembelian secara kredit, konsumen bisa memilih program pembayaran berupa DP rendah atau angsuran ringan. Hanya saja, kata dia, jika angsuran rendah tentunya DP harus tinggi. Dan sebaliknya, jika DP rendah, dipastikan angsuran akan tinggi.


“Kita juga menyediakan tenor selama enam tahun, bagi mereka yang ingin lebih rendah melakukan cicilan,” katanya.


Sementara untuk dua LCGC lainnya, yakni Suzuki Karimun Wagon R, hanya didiskon Rp3 sampai Rp5 juta saja. Sedangkan Honda melalui Brio Satya, mendapatkan potongan harga sekira Rp5 juta.


"Kalau Brio Satya S Manual, kredit satu tahun dengan DP Rp28,2 juta cicilannya, Rp9,3 jutaan. Paling ringan itu kredit lima tahun, angsurannya Rp2,7 juta sebulan. DP-nya Rp34,6 jutaan," kata seorang wiraniaga Honda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya