Ford Gunakan Pelindung Layar Ponsel untuk Kaca Depan

Ford GT.
Sumber :
  • Autoweek

VIVA.co.id - Selain dikenal sebagai pembuat pikap tangguh dan muscle car, Ford juga mendapat banyak sorotan berkat mobil sport produksi mereka, yaitu Ford GT.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Generasi Ford GT terbaru diperkenalkan pada pameran otomotif Detroit Auto Show awal tahun 2015. Mengusung mesin enam silinder 3.500cc berteknologi EcoBoost, mobil ini mampu menghasilkan tenaga lebih dari 600 daya kuda.

Salah satu keunggulan Ford GT anyar ini adalah perbandingan antara bobot mobil dengan tenaga yang dihasilkan. Berkat pemakaian material aluminium dan serat karbon, mobil sport ini hanya memiliki berat 1.310 kilogram.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Namun ternyata, pengurangan bobot tidak hanya datang dari bodi dan rangka saja, melainkan juga kaca depan dan penutup mesin. Dilansir dari Autoblog, Rabu, 16 Desember 2015, Ford bekerjasama dengan Corning untuk membuat kaca depan.

Corning adalah sebuah perusahaan yang terkenal sebagai produsen pelindung layar ponsel. Produk mereka diberi nama Gorilla Glass dan sudah dipakai oleh hampir semua produsen ponsel pintar di seluruh dunia.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Keunggulan Gorilla Glass adalah bobot yang ringan dan tahan goresan. Ford mengklaim bahwa kaca Gorilla Glass yang dipasang pada Ford GT memiliki bobot satu kilogram lebih ringan dibanding kaca biasa.

Selain itu, kaca buatan Corning juga mampu menangkal goresan yang kerap muncul akibat benturan kerikil, saat mobil dipacu kencang. Lapisan kaca juga lebih tipis, namun tetap dapat meredam suara dengan baik.

Rencananya, kaca Gorilla Glass juga akan dipasang pada beberapa model Ford lainnya. Ford GT sendiri rencananya akan mulai dijual tahun depan, dengan harga sekitar US$400 ribu, atau setara dengan Rp5,6 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya