Etios Valco Setop Produksi? Ini Kata Toyota

Toyota Etios Valco versi facelift
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id - PT Toyota Astra Motor meluncurkan compact hatchback Etios Valco, di Indonesia pada 2013 lalu. Namun, kabar tak sedap datang dari mobil tersebut. Ya, kabarnya Etios Valco bakal disuntik mati alias disetop produksi dan pemasarannya tak lama lagi.

Dari sejumlah keterangan yang berhasil dihimpun, kabar itu diklaim benar adanya. Sinyalemen datang dari sejumlah diler Toyota di Jakarta yang mengaku jika stok Etios Valco kosong. Jika konsumen ingin melakukan pembelian, indennya bahkan cukup lama.

Menanggapi hal tersebut, Vice President TAM Hendry Tanoto membantahnya. Dia mengatakan bila Etios Valco masih akan dijual dan diproduksi.

“Terkait dengan setop produksi, saat ini mobil tersebut masih menjadi andalan untuk mengisi kebutuhan di segmen-segmen khusus. Saat ini bersama-sama dengan produk-produk lainnya, Toyota Etios Valco masih menjadi senjata andalan kami untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia, khususnya di segmen-segmen tertentu,” katanya kepada VIVA.co.id, Kamis 31 Desember 2015.

Namun demikian, dia tak menampik jika penjualan Etios Valco memang menyusut belakangan. Hal itu tak terlepas dari kondisi ekonomi di Tanah Air yang tengah memasuki masa paceklik. Namun, ini tidak membuat Toyota terburu-buru menghentikan produksi.

“Memang sejalan dengan permintaan di pasar yang agak terkoreksi sebagai dampak dari pelambatan ekonomi dan situasi lainnya, tak hanya Etios Valco,” katanya.

Untuk segmen low hatcback, Hendry mengungkapkan penjualan Etios Valco masih mampu menjadi pilihan utama konsumen hingga November 2015.

“Toyota Etios Valco berhasil terdistribusi sebanyak 5.137 unit hingga November 2015 dengan pangsa pasar 15,5 persen di kelas low hatchback nasional,” ujar Hendry.

Sebelumnya, sejumlah diler Toyota di Jakarta menyatakan, mobil yang diluncurkan di Indonesia sejak 2013 silam stoknya kosong. Setidaknya, itu tak cuma terjadi di Jakarta, kondisi serupa juga berlaku di daerah-daerah.

Dari banyak informasi yang beredar, kondisi ini merupakan indikasi Etios Valco di Indonesia akan setop produksi mulai 2016 mendatang.

Menurut salah seorang sumber Toyota di Auto2000 yang dihubungi VIVA.co.id, kabar tersebut memang masih simpang siur. Namun gelagat ke arah sana memang kuat adanya.

"Stok di diler-diler memang kosong. Konsumen yang niat beli saja harus inden lama. Tetapi saat ini statusnya masih dijual," ujarnya, Selasa 29 Desember 2015.

Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016

Dirinya mengakui, selama ini peminat dari Etios Valco memang tak banyak. Maka tak heran jika angka-angka penjualan yang disampaikan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) soal Etios Valco kecil.

"Kalau penjualan di sini kami tak bisa sampaikan, tetapi memang tak banyak," katanya.

Merujuk data Gaikindo, penjualan Etios Valco periode Januari-November 2015 tercatat hanya 5.137 unit. Setiap bulannya, mobil tersebut hanya mencatatkan angka penjualan rata-rata 500 unit. Bahkan pernah selama tiga bulan berturut-turut hanya seratusan unit.

Mobil konsep Toyota FCV Plus.

Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016

Toyota FCV Plus tampil dengan desain futuristis.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016