Lebih dari 1,5 Juta Mobil Daihatsu Masuk Bengkel Tiap Tahun

Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Servis mobil tentu menjadi kebutuhan penting bagi para pemilik kendaraan roda empat. Dan Astra Daihatsu Motor (ADM) mungkin menjadi salah satu agen pemegang merekĀ  (APM) yang sibuk mengurusi servis mobil.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Hal itu terlihat dari jumlah kendaraan yang setiap hari masuk bengkel Daihatsu untuk servis berkala. Menurut After Sales Service and Logistic Divison Head AI-DSO, Lili Herman, sebanyak 4.300 unit mobil Daihatsu masuk bengkel setiap harinya, atau setara 1.569.500 unit mobil dalam setahun.

"Untuk skala nasional, Daihatsu menservis mobil sebanyak 4.300 unit mobil setiap harinya. Itu sudah termasuk authorized dan diler seluruh Indonesia," ungkapnya kepada Viva.co.id, Rabu 20 Januari 2016.

Tingginya jumlah kendaraan yang diservis setiap bulannya, dijelaskan Lili, bukan karena permasalahan teknis yang dikeluhkan. Namun, karena servis berkala yang memang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan.

"Banyaknya mobil yang masuk bengkel itu biasanya karena harus melakukan perawatan berkala. Seperti pengecekan berkala mobil dan ganti oli. Jadi bukan karena permasalahan yang besar. Ada yang melakukan pergantian sparepart, hanya saja tidak sebanyak yang melakukan perawatan berkala," tambahnya.

Kontes mekanik

Guna memberikan pelayanan terbaiknya, ADM juga melakukan beberapa terobosan seperti salah satunya lewat kontes 'Daihatsu National Technical Skill Contest'. Kontes ini diadakan untuk mengapresiasi dan memotivasi para teknisi, foreman (kepala regu), dan service advisor dalam meningkatkan kualitas kemampuan teknis (technical skill) para teknisi Daihatsu.

Proses pendaftaran dan seleksi peserta dilaksanakan di setiap bengkel Daihatsu yang ada di Indonesia dan dikategorikan menjadi delapan area, yakni Sumatera, DKI 1, DKI 2, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur (IBT).

"Melalui kontes ini, kami berharap kemampuan para teknisi di bengkel resmi Daihatsu yang ada di Indonesia dapat meningkat. Program ini merupakan wujud komitmen Daihatsu untuk terus meningkatkan kualitas layanan pada bidang purnajual," ungkap Technical Service Division Head, Anjar Rosjadi.

Tercatat terdapat 461 teknisi yang mendaftar dari 118 bengkel Daihatsu di Indonesia. Babak penyisihan dilakukan secara bertahap mulai dari pengujian materi secara teori dan praktik, baik di tingkat regional maupun nasional.

Untuk jawara dari masing-masing kategori dalam kontes ini akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp2 juta dan liburan ke negara asal Daihatsu, Jepang. (one)

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016