Daihatsu Sebut Honda Brilian, Ini Alasannya

Sumber :
  • Krisna/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Sejak awal 2016, penjualan mobil-mobil SUV (sport utility vehicle) di pasar nasional kian menjamur. Salah satu model baru yang terjun dan langsung menyedot perhatian konsumen yakni Honda, yang meluncurkan BR-V.

Berdasarkan Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Januari 2016, Honda mencatat angka penjualan sebesar 19.404 unit di seluruh Indonesia dan langsung marengsek menjadi brand terlaris kedua setelah Toyota dengan raihan 24.860 unit.

Naiknya Honda diposisi kedua memang tak lepas dari peran Honda BR-V yang menyumbangkan 6.627 unit. Dengan adanya BR-V itu, memaksa Daihatsu turun di urutan ketiga dengan angka penjualan 13.184 unit.

Modifikasi Honda Odyssey, Sangar Tapi Tetap Fungsional

Tersusulnya Daihatsu karena keberadaan Honda BR-V di Januari 2016 membuat Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra angkat bicara. Amel tak ambil pusing dengan adanya persaingan dalam penjualan Honda dan Daihatsu.

"Kita sudah survei, yang beli Honda bukan konsumen Daihatsu, yang beli Daihatsu bukan pembeli Honda,” kata Amel saat ditemui di acara peluncurannya dikawasan Sunter, Jakarta, Kamis 18 Februari 2016.

Amel pun menyatakan, bahwa hingga saat ini Daihatsu tetap akan bermain di semua segmen. Tak terkecuali SUV yang turut naik karena adanya model-model baru yang bermunculan.

Kata Amel, adanya model baru bukan berarti pasar otomotif secara keseluruhan akan melejit meningkat. Akan tetapi, ia memprediksi akan ada segmen yang turun.

"Honda brilian karena ada produk baru yang menambah perfomanya (penjualan). Kami mengakui dengan jujur itu, Honda luar biasa berdasarkan kenyataannya,” ucapnya.

Sekedar informasi, dari penjualan wholesales (pabrik ke diler), Honda berhasil di bawah Toyota dengan membukukan angka penjualan sebanyak 19.404 unit. Sedangkan Daihatsu di posisi ketiga dengan 13.184 unit.

Namun, berdasarkan catatan penjualan retail (diler ke konsumen), Daihatsu mampu menjual produknya sepanjang Januari 2016 lalu sebanyak 14.505 unit. Sedangkan Honda, hanya mampu melepas sekitar 13.500 unit.

Hal ini yang membuat Daihatsu masih tetap santai posisi mereka dalam penjualan secara wholesales disalip Honda. (ren)

Pamerkan 23 Mobil Baru di IIMS, Honda Klaim Banjir Pesanan
Modifikasi Honda Odyssey 2010

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

Cepernya pakai suspensi udara, sesekali bisa ditinggikan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016