Kapan Daihatsu Luncurkan Terios Berwajah Baru?

Peluncuran Daihatsu Terios Custom, di Jakarta, Kamis (18/2/2016).
Sumber :
  • FOTO: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM), agen tunggal pemegang merek Daihatsu di Indonesia, resmi menambah varian baru untuk model Low Sport Utility Vehicle (Low SUV) yang disebut Terios Custom.

Dibanderol Rp228,1 juta untuk transmisi manual dan Rp242,2 juta untuk transmisi matik, mobil ini diklaim memiliki banyak perbedaan dibandingkan model Terios R standar ataupun Adventure.

Namun di tengah peluncuran Terios Custom, timbul tanda tanya, mengapa Daihatsu jutsru hanya memberikan tambahan amunisi dengan perubahan ringan dibandingkan merombak total model Terios?

Menanggapi hal tersebut, Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra ikut angkat bicara. Menurutnya, menghadiri produk baru bukan suatu alasan untuk menaikan penjualan.

"Kami memang menyiapkan semua produk. Baik produk yang minor change, mayor change, dan perubahan produk secara total. Tapi jujur saya belum bisa mengatakannya sekarang," kata Amel saat peluncuran Terios Custom di Sunter, Jakarta, Kamis 18 Februari 2016.

Amel pun menyatakan, bahwa Daihatsu tidak seperti brand produk lain, yang dapat melejit karena kehadiran model baru. Karena menurutnya, lambat laun pamor model yang dijual dipasaran akan mengalami penurunan tajam.

"Layaknya mesin diesel panasnya kan belakangan. Waktu ada mobil yang yang disebut sebagai salah satu mobil terbaik, peluncurannya luar biasa  tapi setelah itu penjualannya tidak banyak (di bawah Terios)," ucap Amel.
 
Lain halnya dengan Daihatsu Terios, kata Amel, mobil yang pertama kali diluncurkan pada Desember 2006 silam itu penjualan tidak mengalami penurunan yang sangat tajam.

Menurut Amel, sejak pertama kali Terios dilego, rata-rata menorehkan angka penjulalan 1.500 unit per bulan. Dan hingga saat ini, di tengah segmen Low SUV semakin bermunculan, penjualan Terios bertahan diangka 1.000-1.200 unit per bulan.

"Produk baru saja tidak cukup. Daihatsu akan memberikan kesan 'peace of mind' kepada setiap produknya, mulai dari harga, sparepart hingga produk terbaik,” jelasnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke diler) Daihatsu Terios di Januari 2016 tembus mencapai 1.149 unit. Sedangkan sepanjang Januari-Desember 2015, Terios mampu terjual 13.375 unit.

Sebelumnya, pada gelaran Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016 yang digelar Agustus tahun lalu, Daihatsu sempat menampilkan salah satu mobil masa depan yang disebut FT Concept. Mobil itupun digadang-gadang menjadi sosok penerus Daihatsu Terios.

Orang Kaya Indonesia Sudah Bisa Pesan Mobil James Bond Ini
Toyota Etios Platinum

Toyota Luncurkan Etios, Model Paling Gres

Sedikit mengalami ubahan.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016