Ini Kelebihan Mobil Manual Ketimbang Matik

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id - Dewasa ini populasi mobil dengan transmisi matik terbilang pesat. Setidaknya, itu terjadi sekira 10 tahun terakhir. Mobil jenis matik dipilih karena dinilai mudah dioperasikan dan tak membuat pengemudi lelah saat membesut kendaraannya di tengah kemacetan. Tinggal gas dan rem, mobil langsung 'ngacir'.

Kendati demikian, bukan berarti mobil dengan transmisi manual ditinggalkan masyarakat. Mobil jenis ini masih dipilih karena dinilai memiliki beberapa keunggulan.

Dalam tulisan ini, akan diulas kelebihan mobil manual yang tak dimiliki mobil matik. Apa saja? Berikut ulasanya seperti dilansir AstraWorld, Senin, 22 Februari 2016.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Mobil manual memiliki akselerasi yang lebih baik dibandingkan dengan mobil matik. Hal ini karena perpindahan gigi dilakukan secara bertahap. Selain itu, mobil jenis ini lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan mobil matik. Kelebihan lainnya adalah biaya perawatannya yang cenderung tidak mahal.

Meski memiliki beberapa keuntungan, namun mobil jenis manual ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya lebih sulit dikemudikan dibandingkan mobil jenis matik, karena konsentrasi akan dipecah antara pedal gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi.

Selain itu, mengemudikan mobil jenis ini akan lebih melelahkan dibandingkan dengan mengemudikan mobil jenis matik. Karena hal ini, mobil manual cenderung tidak senyaman mobil matik.

Meski begitu masih banyak yang menggemari mobil jenis manual ini karena sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengemudi. Mobil jenis manual telah ada lebih dahulu daripada jenis matik, sehingga tak heran jika banyak orang yang lebih setia pada mobil jenis ini.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

(mus)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016