Fortuner dan Innova Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Toyota Innova terbaru.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Baru-baru ini, ASEAN New Car Assessment Programme (NCAP) melakukan uji tabrak terhadap dua mobil Toyota, Innova dan Fortuner. Pengujian dilakukan terhadap kendaraan yang dilengkapi Electronic Stability Control (ESC).

Hasilnya, ASEAN NCAP jika keduanya mendapatkan nilai yang memuaskan, yakni skor lima bintang dari lima nilai yang diberikan. Demikian dilansir situs resmi ASEAN NCAP, Minggu, 6 Maret 2016.

Nilai lima bintang berhasil diraih Fortuner dan Kijang Innova dalam tes Perlindungan Penumpang Dewasa (AOP). Nilainya yakni 14,10.

Peraturan ASEAN NCAP menyatakan bahwa hanya kendaraan yang dilengkapi dengan ESC yang berhak menerima nilai maksimum. Sementara varian tanpa ESC mendapatkan skor lebih rendah, yaitu bintang empat.

Selain tes AOP, ada pula tes Perlindungan Penumpang Anak (COP), di mana Innova raih nilai 76 persen kepatuhan. Persentase tersebut diganjar dengan nilai rating bintang empat. Innova yang dirakit di Indonesia diketahui memiliki fitur ISOFIX untuk kursi anak dan tethers yang dipasang sebagai standar. Sementara untuk Fortuner, penilaian tidak dilakukan secara uji fisik.

ASEAN NCAP menjelaskan bahwa hal itu itu dilakukan karena, secara teknis Toyota Fortuner memiliki perlindungan penumpang yang sama dan identik dengan Hilux.

Hilux sebelumnya telah meraih skor 14,53 untuk AOP dan nilai rating bintang lima. Sedangkan skor empat bintang, 71 persen didapatkan untuk COP.

Model Seksi Brasil Kepincut Mobil Buatan Karawang
Pekerja sedang mengecek mobil Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1.

Tahun Ini, Toyota Telah Produksi 250 Ribu Mobil

Sebanyak 50 persen untuk domestik dan 50 persen untuk ekspor.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016