Bentuk Kembar, Apa Bedanya Avanza dan Xenia?

Grand New Avanza 2015. Ilustrasi.
Sumber :
  • Sumber VIVA.co.id.

VIVA.co.id - Kehadiran Avanza-Xenia di Indonesia memang telah memasuki usianya yang ke-13 tahun. Kendati lebih dari satu dekade, namun masih saja ada masyarakat yang tidak mengetahui bahwa Avanza yang diusung dengan merek Toyota diproduksi di tempat yang sama, yakni di pabrik Daihatsu.

Hal ini pun dipertegas langsung Departemen Daihatsu Sunter Assembly Plant II Dian Kurniawan, saat kunjungan media termasuk VIVA.co.id. Dalam kunjungan kali ini dapat disaksikan langsung perakitan Avanza-Xenia dan beberapa mobil Daihatsu lainnya.

Menurut Dian, tidak ada perbedaan antara Avanza dan Xenia. Hanya saja, untuk Avanza kapasitas mesinnya lebih besar yakni 1.500cc dan 1.300cc. Sedangkan untuk Xenia sendiri dibuat mesin lebih kecil yakni 1.000cc dan 1.300cc.

“Bodi sama pakai monocoque, jadi kalau bicara bodi semua sama. Perbedaaanya, tambahan fitur, seperti ada Anti-lock Braking System (ABS) dan tidak,” kata Dian saat ditemui di Daihatsu Sunter Assembly Plant II, Sunter, Jakarta, Rabu, 16 Maret 2016.

Dian juga menyatakan, karena mesin Avanza dan Xenia berbeda, maka pengaturan pada mesin dipastikan akan berbeda. Setelah diproduksi dari Daihatsu, kondisi bentuk akan tetap sama. Namun setelah ditentukan Astra International untuk merek Toyota, tentu hal itu akan ditambah dengan berbagai penambahan mulai dari aksesori dan fitur lainnya. Selainnya tetap sama.

Dian pun menuturkan, jika ingin mengkomparasi atau membandingkan antara Avanza dan Xenia ada baiknya dilakukan dengan cara memilih mesin dengan cc yang sama dan juga tipe yang sama.

“Soalnya kalau orang awam itu bandinginnya Avanza itu bagus dan Xenia jelek. Karena perbandingannya itu biasanya mereka tidak tahu Avanza 1.5 dengan Xenia 1.0. Jadi itu berbeda. Kalau mau samanya yang Avanza 1.300 dan Xenia 1.300,” ujarnya.

Orang Kaya Indonesia Sudah Bisa Pesan Mobil James Bond Ini
Toyota Etios Platinum

Toyota Luncurkan Etios, Model Paling Gres

Sedikit mengalami ubahan.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016