Ridwan Kamil: Tahun Depan Warga Bandung Punya Bus Listrik

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengungkapkan rencananya untuk mulai menggunakan bus listrik di daratan berjuluk Kota Kembang itu, pada tahun 2017 mendatang. Sebelumnya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini memang memiliki keinginan untuk mulai memberlakukan kendaraan ramah lingkungan di kotanya.

"Mobil listrik adalah pilihan terbaik untuk masa depan. Komitmen Pemkot (pemerintah kota) tahun ini untuk lelang bus publik. Rencananya oprasionalnya tahun depan," ungkapnya saat ditemui di acara peresmian Lapangan Bawet, Bandung, yang dilakukan oleh Chevrolet, Rabu 16 Maret 2016.

Untuk mendukung upayanya tersebut, Kang Emil menambahkan, pihaknya akan mulai melakukan lelang di e-katalog tahun ini.

"Saya kira enggak ada masalah, saya sudah siapkan lelangnya. Nanti dilelang di e-katalog. Ini komitmen pemkot (Bandung) tahun ini untuk lelang bus publik," tambahnya.

Meski optimistis dengan rencananya tersebut, Ridwan Kamil mengakui adanya kendala terkait dengan oprasional bus listrik, mulai dari harga yang mahal dan kebijakan peraturan terkait kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.

"Biasanya, karena mahal saja harganya. Kalau bisa harganya mobil listrik mendekati mobil yang lain seperti mobil berbahan bakar BBM, setelah itu saya rasa enggak ada masalah. Kebijakan sebaiknya dipercepat, soalnya teknologi itu tidak bisa ditahan-tahan. Kalau memang ada masalah dengan kementerian sebaiknya diselesaikan dengan cepat," katanya. (asp)

Pengemis Berpura-pura Buntung di Bandung Ditangkap
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil Tak Larang Warganya Ikut Demo Ahok

Namun, dia berpesan agar mereka tak terpancing provokasi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016