Industri Lokal Dipercaya Bikin Mobil Intai Tempur

Mobil off-road Komodo buatan Indonesia.
Sumber :
  • Rendra/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Di tengah gempuran produk-produk baru buatan industri otomotif Jepang di Indonesia, ternyata masih ada beberapa pabrikan otomotif lokal yang tetap eksis dan terus melakukan inovasi.

Ada Mobil Unik di IIMS 2021

Salah satunya adalah PT Fin Komodo Teknologi. Perusahaan yang memiliki basis produksi di Cimahi, Bandung, Jawa Barat ini dikabarkan membuat sebuah unit kendaraan yang diperuntukkan bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI), dengan mengambil basis mobil Fin Komodo.

Menurut Marketing PT Fin Komodo Teknologi, Dewa Yuniardi, mobil yang dikembangkan bersama Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat sejak 2013 itu sengaja dibuat untuk dijadikan mobil militer intai tempur.

Mengenal Mobil Offroad Buatan Cimahi yang Diklaim Senyaman Sedan

“Sudah dipakai TNI, berarti kualitas bagus. Sudah mulai pemesanan awal tahun ini, tapi saya tidak bisa menyebutkan jumlahnya,” ungkap Dewa saat ditemui wartawan di acara INAPA 2016, Selasa, 29 Maret 2016.

Dewa juga menyatakan, bodi mobil Fin Komodo khusus TNI ini dibuat dari material antipeluru. Oleh karena itu, bobot mobil ini lebih berat 200 kilogram. Jika model standar beratnya mencapai 400kg, maka untuk Fin Komodo khusus TNI menjadi 600kg.

Komodo Melesat Kencang, hingga Pengemudi Selevel Pilot

Selain itu, karena dirancang sebagai kendaraan tempur, tentu saja ada beberapa penambahan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan, seperti penggunaan kaca antipeluru hingga tempat pemasangan senjata.

“Saat ini, kita belum jual umum. Karena, kita tidak tahu apakah ada pasarnya atau tidak. Kalau dijual, mungkin harga sekitar Rp300 jutaan. Jadi tidak masuk akal (untuk umum),” ujarnya.

Untuk jantung pacu, Fin Komodo khusus TNI ini tetap mengusung mesin yang sama, yakni mesin empat langkah dengan kapasitas 250cc, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 14 daya kuda dan torsi 17,6 Newton meter.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya