Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun

Ed Welburn pensiun dari General Motors
Ed Welburn pensiun dari General Motors
Sumber :
  • autoblog

VIVA.co.id - Kepala Desain General Motors (GM) Ed Welburn dipastikan akan pensiun terhitung mulai 1 Juli mendatang. Setelah selama 44 tahun mengabdi di GM, Ed Welburn akan digantikan Michael Simcoe yang sebelumnya menjabat sebagai unit desain di pabrikan mobil asal Amerika Serikat itu.

Dilansir Autoblog, Senin 11 April 2016, Welburn yang mengawali kariernya di GM sebagai mahasiswa magang pada 1972 ini tercatat sebagai pria Afro-Amerika yang memimpin divisi desain di sebuah pabrikan mobil yang ia jabat sejak 2003.

Saat itu, Welburn merupakan kepala desain ke-6 dalam 108 tahun sejarah perjalanan GM sejak awal berdiri. Sebelumnya, pos ini diisi oleh Harley Earl, Bill Mitchell, Irvin Rybicki, Chuck Jordan, dan Wayne Cherry. Sekarang ia telah membawahi sebanyak 2.500 orang yang berada di tim desain GM.

"Ia bisa memelihara budaya kreatif, inklusif, dan berfokus pada pelanggan di kalangan desainer kami dan telah memperkuat merek global kami," kata Mary Barra, ketua dan CEO GM, mengatakan dalam sebuah pernyataannya.

Welburn memang dikenal bertangan dingin. Ia juga sangat berani mengambil risiko, termasuk dengan berbagai macam proyek desain yang dihasilkannya, termasuk tentang mobil hybrid, mobil sport hingga truk-truk besar.

Berbagai macam penghargaan juga berhasil ditorehkannya, salah satunya ari Automotive Hall of Fame pada 2009, Nicola Bulgari Award for Preserving Automotive Heritage (2012), dan Black Engineer of the Year Award (2015).

Laporan Yasin Fadilah/Jakarta

Halaman Selanjutnya
img_title