Datsun di Indonesia Lebih Mahal dari India, Kenapa?

Datsun Go
Sumber :
  • Datsun

VIVA.co.id – Mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost and Green Car (LCGC) saat ini terus diminati di Tanah Air. Salah satu pabrikan yang moncer dalam hal penjualan adalah Datsun. Mobil itu laris manis karena dijual dengan harga terjangkau dan merupakan inisiasi pemerintah.

Mobil Terbaru Datsun Go Cross Dijual Rp80 Jutaan?

Tetapi, di India, harga mobil dengan model serupa seperti Datsun dijual dengan harga yang lebih murah. Apa penyebabnya?

Menurut Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, faktor utama yang menyebabkan harga mobil Datsun di Indonesia lebih mahal dari India karena peraturan pajak yang ditetapkan berbeda.

Datsun Redi-GO Dijual Mulai dari Rp40 Jutaan

“Iya kan memang karena pajak, kalau hal itu jangan ditanyakan ke kita (tetapi ke pemerintah),” ungkapnya, Senin, 16 Mei 2016.

Meski harga Datsun di Indonesia lebih mahal, namun tak ada rincian spesifik yang berbeda dari mobil di kedua negara. Indri mengungkapkan, perbedaan hanya terdapat di beberapa bagian, seperti jok, dan spesifikasi warna.

Jadwal Peluncuran Toyota Calya, Penantang Datsun GO+

“Secara general sama, paling ada spesifik item yang berbeda, misal jenis jok-nya, lalu spesifikasi warna, ada beda di Indonesia dan India. Tapi secara general, transmission, engine performance, sama antara Indonesia dan India,” kata Indri.

Sebelumnya, Datsun India kembali menyita perhatian setelah resmi memperkenalkan Datsun redi-GO. Bagaimana tidak, mobil yang secara perdana meluncur di daratan India itu dijual dengan banderol sekira 2,5 –3,5 lakh atau setara Rp49 – 69,2 jutaan.

Meski dikatakan tidak bakal dilahirkan di Indonesia, namun mobil murah tersebut tentu saja dinantikan, meski harga yang ditawarkan dipastikan lebih mahal jika mendarat di Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya