Ingin Mobil Anda Berubah-ubah Warna, Berapa Ongkosnya?

cat unik
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Berbagai konsep modifikasi terus mengalami perkembangan. Tak hanya penambahan aksen eksterior dan interior, serta mesin, namun ada juga modifikasi pada area cat bodi mobil.

Truk Molen Mejeng di Pameran Modifikasi, Kok Bisa?

Menurut Chief Operating Officer Asia Pacific Car Tunning Association (APACT), Boy Prabowo, saat ini tren cat mobil berkutat pada konsep thermal paint, di mana cat mobil ini akan bereaksi jika suhu di dekat mobil berubah.

“Jadi saat kondisi dingin suhunya makin tua warnanya (cat mobil), makin panas suhunya makin muda warnanya. Kalau dasarnya merah disiram air panas jadi pink, tapi disiram air dingin lagi itu jadi merah dan jadi ada gradasinya bercampur,” kata Boy mencontohkan, saat ditemui dikawasan BSD, Tangerang.

Ada yang Beda dari Kontes Modifikasi IAM 2019

Selain thermal paint, modifikasi untuk warna yang sedang digandrungi yakni cat semprot temporary menggunakan ‘plastidip’. Cat semprot ini, kata Boy, cara penerapan teknik ini lebih cepat dan praktis dibandingkan dengan menggunakan cutting sticker.

“Tidak usah dilakban yang tidak perlu dicat, karena kalau kesemprot seperti pada lampu tinggal ‘dikelet’ itu langsung lepas seperti handuk. Jadi tidak meninggalkan jejak seperti lem pada cutting stiker,” kata Boy.

Juragan Pempek Jadi Juara Modifikasi Black Auto Battle 2018

Sedangkan jika menggunakan cutting sticker, lanjut Boy, hal itu dapat meninggalkan jejak seperti lem jika dilepas, serta kadang pengerjaannya tak rapih di beberapa sudut tertentu.

Soal harga, untuk penggunaan cat mobil dengan konsep thermal paint biasanya dipatok antara lebih Rp30-45 jutaan untuk mobil sejenis sedan dan Low MPV Avanza.

Sedangkan untuk cat semport plastidip dijual untuk satu mobil sedan atau Avanza bisa sekitar Rp6 juta. Adapun untuk menggunakan cutting sticker harganya mencapai Rp5 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya