Jadi Surganya Mobil Listrik, Norwegia Tuai Pujian

Charger mobil listrik
Sumber :
  • goauto

VIVA.co.id – Mobil ramah lingkungan belakangan terus digalakkan sejumlah perusahaan otomotif global. Mobil rendah emisi itu juga didukung penuh sejumlah negara, tak terkecuali di Norwegia.

Infrastuktur Mobil Listrik masih Pakai BBM, Sama Saja Bohong

Bahkan, untuk perang terhadap emisi bahan bakar, empat partai politik di Norwegia telah menyuarakan agar menyetop penjualan mobi bensin dan diesel pada 2025 mendatang. Tentu saja, ini menjadi waktu yang sangat cepat untuk membuat kebijakan tersebut.

Meski larangan tersebut belum final, namun salah satu surat kabar nasional Dagens Næringsliv membuat kebijakan itu menjadi sebuah headline. Rencana Norwegia menghapus mobil berbahan bakar bensin dan diesel ini rupanya membuat Chief Executive Officer (CEO) mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, Elon Musk, menjadi semringah. Musk pun langsung berkomentar di salah satu akun media sosialnya.

Dibanding Listrik, Mobil Hybrid Lebih Pas untuk Indonesia

“Hanya mendengar bahwa Norwegia akan melarang penjualan mobil berbahan bakar pada tahun 2025. You guys rock!!” tulis Musk, seperti dilansir Carscoops, Senin 6 Juni 2016.

Waktu sembilan tahun untuk mewujudkan keputusan tersebut memang terdengar terlalu cepat. Namun pada kenyataannya, Norwegia belakangan memang menjadi salah satu surga bagi mobil listrik.

Pemilik Mobil Listrik Kebanyakan Tinggal di Apartemen

Selain itu, Norwegia juga disebut memiliki rencana dalam hal transportasi progresif yang ambisius, di mana pemerintah bakal melarang semua kendaraan pribadi masuk pusat kota Oslo, mulai 2019 mendatang. Hal ini ditempuh dalam upaya untuk membuat kota tersebut lebih layak dihuni.

(ren)

Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV

Ada Mobil Listrik, Industri Mobil Terancam Tenggelam

Mobil listrik membawa distrupsi pada industri yang sudah ada.

img_title
VIVA.co.id
26 Mei 2018