Begini Wujud Toyota Calya, Adik Avanza yang Siap Meluncur

Toyota Calya.
Sumber :
  • Internal Toyota

VIVA.co.id – Dunia otomotif roda empat Tanah Air belakangan diramaikan dengan kabar pabrikan Toyota-Daihatsu yang bakal meluncurkan mobil murah kembar mereka. Mobil tersebut yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, yang masuk dalam kategori mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost and Green Car (LCGC).

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

Kali ini VIVA.co.id mendapatkan wujud asli dari Toyota Calya. Mobil tujuh penumpang yang akan diposisikan di bawah Avanza dan di atas Agya itu dikabarkan bakal dibekali mesin 1.2 liter, mirip dengan pesaing utamanya, Datsun GO+ Panca, yang sudah lebih dahulu mencari peruntungan di Tanah Air.

Dari foto tersebut, terlihat jika dimensi sepertinya tak jauh berbeda dengan Datsun Go+ Panca. Untuk bagian depan, mengadopsi model Agya yang kabarnya dilengkapi dengan logo 'Garuda', pertanda mobil itu dibuat secara lokal di Tanah Air, sesuai inisiasi pemerintah. Di bagian pilar 'C', hingga buritan, nuansa Innova kental terasa. Lihat saja pada bagian kaca baris ketiga, hingga bentuk lampu buritannya.

Calya Vs Avanza, Ini yang Dipilih Perusahaan Taksi

Berdasarkan informasi dari seorang sumber internal Toyota, mesinnya mirip dengan Etios. Peluncuran sendiri akan dilakukan pada Agustus 2016, dan akan dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di ICE, BSD, Tangerang, 11-21 Agustus mendatang.

Sementara itu, dari hasil ‘blusukan’ ke sujumlah diler Toyota di Jakarta, didapat informasi jika pemesanan terhadap Calya sudah dibuka sejak awal Juni 2016. Mobil yang dijual dengan banderol murah itu dikatakan bakal hadir dengan beberapa tipe, di antaranya 'E' dan 'G'.

Dilema Jualan Mobil Murah Ramah Lingkungan

"Sudah bisa dipesan sejak 1 Juni lalu, calon konsumen cukup bayar Rp5 juta untuk booking fee," kata wiraniaga tersebut kepada VIVA.co.id. "Kalau harga belum resmi, cuma dari informasi Rp130-Rp150 juta-an. Peluncuran sendiri akan dilakukan Agustus," kata dia.

Ilustrasi pembelian mobil

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Daftar kenaikan harga mobil baru Toyota Mei 2020.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2020