Wuling Percaya MPV Murahnya Bakal Populer di Indonesia

Mobil MPV Wuling.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Sejauh ini, pasar mobil di Tanah Air masih didominasi pabrikan otomotif asal Jepang. Sementara pabrikan di luar Jepang, tentu wajib mengeluarkan jurus jitu agar bisa tetap eksis di Tanah Air.

Sedan Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Harganya Rp200 Jutaan

Namun, pasar yang kecil di luar Jepang tak menyurutkan pabrikan asal China, Wuling Motors bekerja sama dengan pabrikan asal Amerika Serikat, General Motors, (SAIC GM-Wuling), untuk menghadirkan produk anyar dengan harga terjangkau. Mereka bahkan menggelontorkan investasi besar untuk membangun pabrik di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sebesar US$700 juta.

Mobil yang dipilih untuk mencari peruntungan di Tanah Air, dan bakal merecoki pabrikan Jepang adalah jenis mobil keluarga atau Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas tujuh penumpang.

Kembaran Wuling Cloud EV Ini Kepergok Kamera Uji Coba di Jalan Raya

Menurut Presiden Wuling Motors, Xu Feiyun, untuk bersaing dengan pabrikan Jepang di Indoneia, pihaknya akan menggunakan cara pesuasif dengan pelanggan. Hal itulah yang sekiranya akan menjadi nilai plus bagi Wuling di Tanah Air.

"Kita akan sangat dekat dengan pelanggan, dan apa pun masukan dari pelanggan akan kita ambil dan diberikan kepada profile development. Wuling akan menyesuaikan produk dengan suara pelanggan. Dengan begitu kami percaya, pasti kami bisa ambil hati Indonesia. Sebab kami melakukan perubahan dengan perhatian para konsumen," kata Xu Feiyun di Jakarta, Kamis malam, 9 Juni 2016.

Wuling Hadirkan DC Charging, Ngecas Cuma 30 Menit dan Gratis

Ia menambahkan, pihaknya optimistis, dengan segmen MPV di pasar Tanah Air. Dia juga mengaku akan bersaing secara sehat pada produk-produk Jepang yang sudah lebih dahulu eksis.

"Memang tujuan kami menjadikan Indonesia sebagai pasar otomotif Wuling. Untuk tahap pertama, 50 diler (yang disiapkan) memang agak kecil. Tapi kami akan memastikan akan lebih banyak diler yang akan dibuat," kata Xu Feiyun.

Wuling sendiri mengaku sudah melakukan beberapa survei mengenai produknya di Indonesia dan sudah mengantongi beberapa saran dari masyarakat untuk dipertimbangkan pada produknya. "Untuk jaringan penjualan dan purna jual, pasti kami pertimbangan. Yang penting kami harus memenuhi kebutuhan pelanggan di produk kami. Pelanggan harus dapat pelayanan yang bagus. Untuk jaringan pasti kita akan membuat cukup," kata dia.

Siap masuk Gaikindo

Wuling juga mengaku siap menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk mengikuti setiap pameran yang ada di Indonesia. Kata Xu Feiyun, sejauh ini pihaknya sedang mengurus status keanggotaan dan melengkapi beberapa syarat lagi untuk menjadi anggota Gaikindo.

"Kami mengajukan produk demand sesuai dengan peraturan Indonesia. Kami akan lengkapi sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh Indonesia," kata dia.

Sekadar diketahui, SAIC GM-WUling akan memperkenalkan dua produk mereka di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 nanti. Meski pihaknya akan memamerkan produk, namun untuk pemesanan belum dapat dilakukan.

Kedua nama mobil tersebut diperkirakan bernama Wuling Hongguang, yang akan tersedia dalam varian mesin 1.2 liter dan 1.5 liter untuk kelas MPV kecil. Mobil ini disebut-sebut akan menjadi pesaing bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Sedangkan pada model MPV besar, Wuling 730 atau Baojun 730 yang akan bersaing dengan Toyota Innova. Mobil tersebut sedianya akan memiliki dua pilihan mesin, yakni 1.5 liter dan 1.8 liter. Kedua mobil ini disebut-sebut merupakan mobil sejuta ummat yang memang disiapkan pabrikan dengan harga jual terjangkau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya