Penyebab Kaca Film Pudar dan Cara Perawatannya

Kaca Film
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Hampir semua mobil baru yang keluar dari diler kini sudah dilengkapi dengan kaca film. Selain membuat tampilan mobil jadi lebih menarik, aksesori ini juga bisa bikin kabin adem dan mencegah tindak kejahatan.

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Sayangnya, beberapa kaca film akan pudar setelah pemakaian beberapa tahun. Manajer Pemasaran V-Kool Indo Lestari, Monita Cherline mengatakan, ada beberapa penyebab kaca film menjadi pudar.

"Pertama, itu karena kualitas kaca film sendiri yang kurang bagus. Karena tidak menggunakan bahan metal yang stabil, dan akhirnya pudar karena sinar infra merah dan ultraviolet," kata Monita di Jakarta.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Selain itu, kata dia, pudarnya warna kaca film pada mobil juga bisa diakibatkan oleh usia pakai yang sudah terlalu lama. "Itu pertanda kaca film sudah harus diganti," ujar dia.

Sementara itu, Manajer Layanan Pelanggan V-Kool, Billy Susanto mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik mobil, agar kaca film tetap awet.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

"Bersihkan pakai sampo bayi. Sampo bayi mengandung bahan yang tidak berbahaya bagi kaca film. Tidak mengandung asam dan bersifat netral, jadi aman," ujar Billy.

Selain itu, kata dia, usahakan membersihkan kaca film dengan menggunakan lap halus atau micro fiber.

"Karena bahannya halus, jadi harus dibersihkan dengan yang halus juga, untuk menjaga kaca filmnya," jelasnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya