Cara Mengetahui Kaca Film Asli atau Palsu

Ilustrasi jendela kaca mobil
Sumber :

VIVA.co.id – Kaca film saat ini sudah menjadi aksesori standar pada setiap mobil yang keluar dari diler. Sayangnya, hal ini dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk memakai produk imitasi, dengan tujuan mendapat untung yang lebih besar.

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Produk kaca film imitasi dibuat mirip dengan aslinya. Hal ini tentu membuat banyak konsumen merasakan kerugian yang besar. Selain ditipu soal harga, biasanya kualitas kaca film palsu tidak akan bertahan lama.

Lalu, bagaimana cara mengetahui mana produk kaca film yang asli?

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

"Hal yang harus dilakukan ketika membeli kaca film, yaitu memastikan kartu garansinya betul-betul ada dan nyata," kata Manajer Layanan Pelanggan PT V-Kool Indo Lestari, Billy Susanto, di Jakarta.

Kedua, kata dia, saat membeli kaca film, pastikan barang yang dibeli oleh konsumen itu terdaftar secara online di laman resmi merek terkait.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

"Kalau misalkan beli mobil bekas dan penjual tidak memberikan kartu garansi kaca film, konsumen tinggal datang ke outlet terdekat untuk memastikan keasliannya," ujar dia.

Ketiga, sebelum membeli, minta outlet untuk menguji kaca film dengan alat ukur yang ada.

"Itu dimaksudkan untuk melihat, apakah kaca film yang akan dibeli sesuai spesifikasi. Kalau spesifikasinya cocok, berarti asli," jelasnya.

Ia juga menyarankan agar konsumen membeli produk kaca film di tempat yang sudah memiliki izin dan alat tes yang lengkap.

"Gunanya, untuk memastikan kadar keasliannya. Sekarang banyak kok outlet yang resmi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya