Mobilio Buatan India Mengecewakan, Ini Kata Honda Indonesia

Uji tabrak Honda Mobilio buatan India.
Sumber :
  • Global NCAP

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, multi purpose vehicle (MPV) Mobilio buatan Honda India diuji tabrak oleh Global New Car Assessment Program (NCAP). Ternyata, nilai yang didapat sangat mengecewakan. Kenapa?

Recall Mobil Terbesar Kedua Sepanjang Sejarah Bisa Terjadi Tahun 2024

Mobilio hanya mendapat bintang tiga untuk tipe yang sudah dibekali dual airbag. Sedangkan tipe terendah yang sama sekali tidak disematkan airbag, sama sekali tidak mendapat nilai.

Terkait hal tersebut, PT Honda Prospect Motor (HPM), agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air, ikut angkat bicara. Menurut mereka, MPV tujuh penumpang yang diuji berbeda dengan yang dijual di Indonesia.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM Jonfis Fandy mengatakan, Mobilio India berbeda dengan Mobilio yang beredar di ASEAN. Meski secara struktur sama, tapi perlengkapan beda.

"Kalau mau bintang lima, airbag harus empat atau enam. Kalau enggak ada airbag, hasilnya nol. Tapi, kalau rangkanya bagus, dia bisa stabil. Dalam artian, mobil itu bisa lolos untuk dijual juga," ujarnya di Jakarta.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Jonfis juga mengatakan, semua mobil baru Honda di Indonesia sudah dilengkapi dengan airbag.

"Kalau enggak pakai airbag, risiko besar karena, enggak ada mobil tanpa airbag yang bisa dapat nilai bagus saat diuji tabrak,” ungkapnya.

Uji tabrak Chevrolet Enjoy.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Uji tabrak mobil baru merupakan proses penting dalam memastikan keamanan kendaraan bagi pengemudi dan penumpangnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024