Jangan Ngaku Punya Mobil Matik Kalau Tak Tahu 'Kickdown'

Mobil transmisi matik.
Sumber :
  • bosmobil.com

VIVA.co.id – Meski kerap menggunakan mobil, terkadang para pemilik tidak mengetahui istilah-istilah serta kegunaan fitur yang biasa digunakan dalam kendaraannya. Salah satu yang jarang diketahui oleh pengemudi yaitu istilah kickdown pada mobil matik.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Umumnya, istilah ini digunakan saat mobil matik melalui jalan tanjakan yang cukup terjal. Jika pada mobil transmisi manual, mobil bisa menemukan torsi lebih besar dengan menurunkan gigi transmisi ke posisi yang lebih rendah pada saat menanjak, berbeda dengan mobil matik. Di situlah pentingnya kickdown, untuk membuat akselerasi mobil matik dihinggapi dengan torsi yang lebih besar sehingga dapat menanjak di jalanan yang terjal sekalipun.

Setiap mobil matik, biasanya telah tersemat dengan perangkat ini untuk memudahkan pengemudi dalam mengendarai mobilnya. Lantas apa sebenarnya pengertian kickdown pada mobil matik?

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

"Kickdown pada mobil matik merupakan istilah yang dimaksudkan untuk menekan pedal gas dengan cepat sampai full ketika mobil sedang menanjak, ataupun saat mengejar mobil di depannya. Tujuannya untuk mempercepat akselerasi mobil," kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi kepada VIVA.co.id, Sabtu 29 Oktober 2016.

Anjar menuturkan, cara kerja kickdown sendiri terjadi secara otomatis, di mana pada saat pengemudi melakukan tekanan yang dalam pada pedal gas dengan cepat, maka kickdown tersebut mulai bekerja.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Biasanya kalau mobil matik itu kan kalau digas dalam-dalam akan naik torsinya, nah itu merupakan penurunan gigi pada transmisi matik yang dimaksudkan untuk mendapatkan torsi ketika menanjak. Nanti transmisinya akan naik lagi ke gigi atas secara otomatis," ujarnya.

Pedal mobil bertransmisi otomatis.

Sementara itu, untuk cara kerjanya, lanjut Anjar, pengemudi hanya tinggal menekan pedal gas secara cepat. Dengan penekanan secara cepat tersebut, maka gigi secara otomatis akan turun dan mendapatkan akselerasi sesuai posisi mobil.

"Contohnya seperti mobil sedang menanjak, tekan pedal gas secara penuh dan cepat, otomatis komputer akan menyesuaikan. Sama juga seperti sedang mengejar mobil, secara otomatis akan turun gigi dan naik sehingga menambah kecepatan mobil," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya