Empat Area di Kolong Mobil yang Wajib Dicek

Kolong mobil.
Sumber :
  • www.apritos.com

VIVA.co.id – Kolong mobil merupakan bagian yang jarang diperhatikan pemilik kendaraan. Hal tersebut, karena letaknya yang tidak jelas terlihat. 

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Meski demikian, kolong mobil memiliki beberapa area penting yang harus diperiksa secara rutin. Hal tersebut diungkapkan oleh kepala bengkel WSW Car Body Repair and Paint Specialist, Rudi, saat ditemui VIVA.co.id di Jakarta Barat.

"Sedikitnya ada empat area penting yang harus diperiksa secara rutin oleh pemilik mobil. Salah satunya itu as roda," kata Rudi, Senin 31 Oktober 2016.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Menurutnya, as roda, khususnya mobil berpenggerak roda depan, wajib diperiksa secara berkala. Hal ini untuk melihat, apakah ada tanah dan kotoran yang melekat.

Apabila jarang diperiksa, kotoran dapat menumpuk di karet as roda, sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada karet maupun as.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Area kedua yang juga wajib diperiksa adalah daerah di sekitar steering rack (besi yang digunakan untuk membelokkan roda).

Pemeriksaan wajib dilakukan untuk menghindari kotoran menumpuk di karet pelindung. Bila dibiarkan, oli power steering bisa mengucur keluar, akibat dari karat yang ada di sekitar steering rack.

Suspensi juga tidak boleh luput dari pemeriksaan. Karet bushing dan karet pelindung suspensi bisa saja rusak akibat kotoran yang menumpuk.

Terakhir, pastikan kondensor AC bebas dari kotoran dan sampah. Komponen yang berguna untuk mendinginkan suhu kabin ini letaknya cukup rendah, sehingga bisa saja ada sampah yang tersangkut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya