Dampak Buruk Ban Tak Lurus Saat Parkir

Lokasi parkir di salah satu wilayah Jakarta. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Antara/Widodo S

VIVA.co.id – Semakin bertambahnya jumlah kendaraan roda empat di ibu kota berimbas pada susahnya mencari lokasi lahan parkir. Alhasil membuat sebagian pengendara mobil memaksakan parkir walaupun lokasinya miring dan sempit.

Ban Mobil Dicuri saat Parkir di Mal Jakpus, Polisi Kejar Pelaku

Tentu saja hal itu membuat posisi mobil tidak memungkinkan parkir dengan posisi ban yang lurus. Namun apakah ada dampaknya jika terlalu sering parkir dengan posisi ban seperti itu terhadap komponen mobil?

Mekanik Nirwana Mobil di Jalan Hankam, Pondok Gede, Bekasi, Ujang mengatakan, parkir dengan posisi ban tidak lurus akan berdampak pada kinerja komponen power steering. 

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Dia mengungkapkan, kerusakan bisa terjadi pada pada komponen power steering yang masih menggunakan mekanisme hidrolik dengan oli sebagai tenaga penggeraknya. "Biasanya pada mobil keluaran lama, seal bisa saja sobek, akibatnya oli bocor dan setir akan jadi berat," ujar Ujang kepada VIVA.co.id, Senin 7 November 2016.

Ujang menegaskan, pada mobil keluaran terbaru yang power steeringnya menggunakan mekanisme elektrik tidak begitu berpengaruh. Kalau pun ditemukan, yakni boshnya yang oblak.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Bengkel servis Suzuki.

Parkir dengan posisi ban tidak lurus juga disebut akan mengurangi nilai estetika bagi pengendara mobil. "Orang mikirnya yang punya mobil baru bisa pakai mobil karena parkirnya enggak rapi, ban-nya nongol," katanya.
 

Tiga Ban Mobil Daihatsu Sigra Digasak Maling

Ban Mobil Daihatsu Sigra Digasak Maling, Pengelola ITC Cempaka Mas Tanggung Jawab

Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, terlihat tiga ban mobil tersebut, yaitu ban kiri belakang, ban depan dan belakang, digasak oleh maling. Pengelola

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024