Bridgestone Ungkap Penyebab Ban Calya-Sigra Mudah Sobek

Toyota Calya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – PT Bridgestone Tire Indonesia merespons keluhan komunitas pengguna mobil low cost green car Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, soal ban mobil yang mudah sobek saat bergesekan dengan trotoar.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Training and Technical Support Section Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Deni Arief Pribadi mengatakan, Bridgestone telah melakukan investigasi terhadap kasus itu. Menurut dia, kejadian tersebut terjadi lantaran cara pemakaian yang salah oleh para pemilik mobil.

"Itu sudah investigasi ke konsumen. Ini terjadi karena pemakaiannya. Mereka terus hajar semua kondisi jalan. Karena kendaraan baru, mereka jadi antusias," kata Deni kepada VIVA.co.id di Jakarta, Senin 28 November 2016.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Dia menjelaskan, kasus ban mudah sobek terjadi karena kesalahan pemilik, yang terus memacu mobil tanpa memerhatikan kondisi jalan. Hal itu akan mengakibatkan ban cepat sobek, meski kondisinya masih baru.

"Kondisi kerusakannya itu karena pemakaian, Yang penting, kita memperlakukannya dengan baik. Misalnya, masuk lubang itu jangan dihajar," ujarnya.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Deni juga mengatakan, pemilik mobil Calya-Sigra bisa mengklaim garansi penggantian ban, apabila kesalahan terjadi pada ban. Misalnya, kualitas ban tersebut kurang bagus.

"Tapi kalau karena pemakaian, enggak bisa. Kami mengembangkan dan membuat ban kan enggak main-main," katanya berdalih.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya