Pasang Lampu Rem 'F1', Cukup Rogoh Rp65 Ribu

Lampu rem F1.
Lampu rem F1.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Lampu rem pada mobil berfungsi untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain, agar tidak terjadi benturan ketika kendaraan mengerem. Namun, seiring berkembangnya teknologi, beberapa pengguna mobil mulai melirik model lampu belakang ala F1.

Brake lamp itu digunakan pembalap “jet darat” ketika hujan turun sangat lebat. Fungsinya untuk membantu pengemudi di belakang mobil agar terus bisa melihat dan memperkirakan jarak.

Jika Anda kepincut dengan lampu belakang model ini, sudah bisa diaplikasikan pada mobil kesayangan. Sebab, berbagai toko aksesori sudah banyak menyediakan. Di pasaran, lampu F1 yang dijual berbentuk segitiga dan memiliki berbagai macam warna, mulai dari putih dan merah.

"Sampai sekarang masih ada saja yang menggunakan, soalnya tidak kuno ya terlihatnya," kata Tri, penggawa Sumber Berkah di Pasar Inpres Otomotif Duren Sawit, Jakarta Timur, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 29 November 2016.

Soal harga, Tri mengatakan sangat variatif, tergantung dari sinar lampu yang dipancarkan dan juga tipenya, ada yang berkedip dan juga menyala saja saat direm. "Harga variatif, jadi yang berkedip itu ada dua pilihan, merah dan biru, tapi rata-rata dijualnya Rp65 ribu hingga Rp85 ribu," ujarnya.

Dikatakan Tri, lampu ini biasanya memiliki tiga kabel yang terpisah, jika pemilik ingin membuat lampu berkedip bisa disambungkan kabel positif. Sehingga, sinar yang dipancarkan bisa diatur sesuai dengan keinginan. "Kami juga melayani pemasangan, jadi kalau tidak mau repot, cukup 20 menit sudah bisa terpasang rapi."