AC Tak Boleh Aktif Saat Hidupkan Mesin Mobil?

Ilustrasi kunci mobil
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Berbagai mitos tentang penggunaan air conditioner, atau AC mobil telah beredar di masyarakat. Salah satunya, yakni larangan menghidupkan mesin sambil menyalakan AC, karena dianggap bisa merusak komponen pendingin kabin tersebut.

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

Pemilik bengkel Auto Rotary di Jalan Balap Sepeda Jakarta Timur, Steven Lie mengungkapkan, menghidupkan mesin sembari AC berada pada posisi menyala sah-sah saja dilakukan.

"Jadi, hidup, atau matikan AC bisa kapan saja, enggak ada masalah," kata Steven, saat ditemui VIVA.co.id, Rabu 14 Desember 2016.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Menurutnya, tak ada aturan baku yang dilakukan saat menghidupkan, atau mematikan piranti pendingin mobil.

Hanya saja, lanjut dia, menghidupkan AC ketika putaran mesin sedang tinggi bisa membuat sistem kerja AC menjadi tidak stabil.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

"Kalau putaran mesin tinggi, mau tidak mau kompresor AC juga akan tinggi. Alhasil, putaran kompresor menjadi tidak stabil," ungkap dia.

Hal senada juga diungkapkan Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurrahman. Ia mengatakan, menghidupkan mesin sambil menyalakan AC tidak akan menyebabkan AC rusak.

"Putaran kompresor kan ikut sama mesin. Tak ada beban berlebih, atau perlakuan berbeda terhadap kompresor, jika start sambil nyalakan AC," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya