Suzuki Klaim Ertiga Diesel Lebih Irit Hingga 50 Persen

Mesin Diesel Hybrid Suzuki Ertiga.
Sumber :
  • Indianautosblog

VIVA.co.id – PT Suzuki Indomobil Sales, Agen Pemegang Merek Suzuki di Indonesia, akan menghadirkan mobil terbarunya, Ertiga Diesel, tahun depan di Tanah Air.

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

Mobil ini sedianya akan ditanami mesin diesel dengan teknologi mild hybrid, yaitu Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Selain memiliki mesin baru, mobil ini nantinya akan disematkan fitur start and stop layaknya kendaraan roda dua, yang dapat membuat mesin mati dan hidup secara otomatis.

Ada Promo Menarik Tukar Tambah Mobil di JAW 2022

"Fitur ini bisa mati dan hidup sendiri di jalan. Idenya berawal dari banyaknya energi yang terbuang percuma ketika terjebak macet. Karena jika dihitung, mesin berputar 1.000 kali per menit juga membutuhkan bahan bakar," kata Section Head 4 Wheel Product Development SIS, Harold Donnel, di Bogor, Jawa Barat.

Harold juga mengklaim, sistem hibrida yang ditanamkan bisa membuat penggunaan bahan bakar lebih irit hingga 50 persen.

Mobil Pesaing Avanza dan Xpander Dijual Mulai Rp201 Jutaan

"Kalau dari sisi BBM, itu bisa hingga 50 persen. Tapi, tergantung juga cara berkendaranya," katanya.

Kendati demikian, Harold tak menampik, jika penyematan mesin terbarunya itu akan membuat banderol mobil jadi lebih mahal. "Tapi, kami investasi agar cost ownership masyarakat lebih kecil," katanya.

Diketahui, mesin SHVS yang dikembangkan oleh Suzuki nantinya tidak akan menganut 100 persen hibrida. Kinerja mesin diesel konvensional akan ditunjang dengan motor starter, yang bisa berubah fungsi menjadi motor listrik penambah performa. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya