Bahaya Parkir Ban Depan Tidak Lurus, Harus Tahu

Parkir ban depan tidak lurus
Sumber :
  • VIVA.co.id/Toto Pribadi

VIVA.co.id – Terkadang saat keadaan terburu-buru, Anda tanpa sadar parkir dengan kondisi ban mobil depan tak lurus. Mungkin terlihat sederhana, namun ternyata perilaku seperti ini sangat berbahaya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Sugihendi, mengatakan, kalau parkir mobil sebaiknya kondisi roda depan lurus, terlebih mobil yang masih menggunakan power steering hidrolik.

"Masih pakai hidrolik power steering dia ada tekanan oli berat sebelah, meskipun mesin mati dia masih ada (tekanan). Tapi kalau elektrik tidak berpengaruh sih," kata Sugihendi kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sambung dia, jika posisi roda masih berbelok, pada power stering yang hidrolik akan menimbulkan kerusakan. Kata dia, jika sering melakukan hal ini mekanisme power stering rusak.

"Efeknya kalau hiidrolik, klep-klepnya rusak karena bocor, setir agak terasa berat saat mesin sudah nyala, dan saat dilakukan pengecekan ada oli yang bocor," lanjut Sugihendi.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sementara, kalau power stering sistem elektrik tentu berbeda karena tidak ada oli. Kata dia, sistem pengeraknya sudah pakai motor alias dynamo. "Tapi sekali rusak satu rangkaian spare partnya diganti, tapi life timenya lama," kata dia.

(ren)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022