Wajib Tahu, Salah Kaprah Perlakuan Kaca Spion Elektrik

Ilustrasi kaca spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id – Untuk mobil yang sudah memiliki spion lipat model elektrik atau retractable mirror saat ingin melipat spion ketika mobil sudah parkir hanya butuh menekan tombol di pilar pintu saja, tanpa perlu menekuk secara manual menggunakan tangan dari luar.

Alasan Logis Mengapa Spion Bawaan Pabrik Selalu Berukuran Lebar

Namun bagaimana jika pemilik mobil lupa melipat spion saat parkir, petugas setempat atau tukang parkir dengan enaknya menekuk spion yang sistemnya sudah elektrik tersebut. Apakah cara ini berbahaya dan merusak?

Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, mengatakan, spion yang sudah retractable sebaiknya tekuk secara elektrik saja dan tidak perlu dipaksa. Kata dia, jika dipaksa akan merusak motor yang ada di dalam rumah spion.

Garansi Motor Hangus Jika Kaca Spion Dilepas

"Karena akan merusak motor dan gear di dalamnya, ketika dipaksa bisa enggak fungsi lagi spionnya, jadi enggak bisa ditekuk secara otomatis lagi," ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu 22 Januari 2017.

Sementara itu, Ali, servis advisor diler Honda ditemui di tempat yang berbeda mengatakan bahwa cara itu bisa merusak gir motor lipatnya. Menurutnya, spion yang sudah elektrik memiliki dua motor yakni lipat dan motor cermin.

Waspada, Maling Incar Spion Mobil yang Parkir di Garasi

"Jadi kalau sering atau pernah melipat kaca secara manual yang harusnya dilakukan secara eletrikal, motor lipat akan rusak, jadi enggak bisa otomatis lagi," ujarnya kepada VIVA.co.id di diler Honda Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu 22 Januari 2017.

Kaca spion

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Kadang timbul masalah yakni dengan adanya bercak putih, yang berasal dari bekas air hujan kerap menjadi masalah di kaca spion

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2022