Masukkan Gigi Saat Parkir dapat Merusak Mobil, Benarkah?

Rem tangan
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan pengguna mobil 'jadul' yaitu memasukkan gigi saat posisi kendaraan terparkir. Kebiasaan ini umumnya dilakukan oleh pemilik mobil jadul dengan transmisi manual.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Hal itu banyak dilakukan para pemilik mobil untuk menahan kendaraan saat diletakkan pada posisi tidak stabil (turunan atau tanjakan). Namun, banyak yang menganggap kebiasaan ini dapat membuat gigi transmisi cepat aus. Lantas, benarkah demikian?

Menjawab hal itu, Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi mengatakan, pada dasarnya memasukkan gigi saat kondisi parkir dibolehkan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Boleh kok, justru cukup membantu posisi mobil lebih aman, apalagi jika kondisi parkir miring (naik/turun)," katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 10 Februari 2017.

Dadi menuturkan, kebiasaan itu umumnya dilakukan saat pengemudi ketakutan rem parkir atau handbrake tidak berfungsi sempurna saat parkir ditanjakan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Itu ketakutan jika rem parkir/rem tangan sudah kurang pakem, tapi tidak ada masalah kok walaupun seminggu terus-menerus begitu posisinya," ujarnya.

Meski demikian, Dadi memberikan catatan kecil bagi pemilik yang kerap melakukan hal tersebut. Kata dia, jangan pernah lupa untuk memindahkan posisi tuas ke netral sebelum menyalakan kendaraan.

"Sebab, kalau tidak bisa loncat saat distarter. Kalau memang lupa, biasakan menginjak kopling saat starter atau mengecek terlebih dulu tuasnya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya