Catat, Mobil Sudah Modifikasi Mesin Harga Jualnya Jeblok

Penjualan mobil bekas di MGK Kemayoran. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id –  Anda yang berencana untuk memodifikasi mesin mobil perlu mempertimbangkannya lagi. Pasalnya, mobil dengan mesin yang telah dimodifikasi ternyata harganya ketika dijual justru jeblok. Hal ini juga yang diperhatikan para pelaku bisnis jual beli mobil bekas.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Hal itu diungkapkan Riverian, pedagang mobil dari showroom Timur Jaya Mobil di MGK, Kemayoran Jakarta. "Kalau sudah modifikasi, apalagi komponen mesin, biasanya pengaruh ke harga. Nantinya bisa turun sampai Rp10 juta," kata Riverian.

Para pedagang mobil bekas ini juga punya bengkel dan mekanik rekanan yang bisa mengetahui kondisi mesin, termasuk jika telah dilakukan ubahan pada jeroannya.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Lantas, bagaimana dengan pemasangan aksesoris pada mobil? Menurut Riverian, pemasangan aksesoris mobil sebenarnya tidak berpengaruh ke harga jual selama tidak mengganggu fungsi dan hanya mempercantik tampilan kendaraan tersebut.

"Kalau hanya pasang variasi sih enggak apa-apa. Enggak masalah atau enggak pengaruh pada harga kendaraan yang akan dijual," kata dia.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Nah, apakah dengan penjelasan ini Anda masih berniat mengoprek-oprek mesin mobil? (ase)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022