Sienta Bekas Sudah Beredar, Harganya Bisa Anjlok

Toyota Sienta di IIMS 2016.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setelah diluncurkan pada bulan April 2016 lalu, Toyota Sienta kini sudah hampir berusia satu tahun. Tak pelak, mobil multi purpose vehicle (MPV) menengah buatan perusahaan asal Jepang itu kini mulai siap-siap masuk ke segmen baru, yaitu pasar mobil bekas (mobkas).

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, menjelaskan Sienta bekas nantinya bakal menjadi salah satu incaran baru bagi konsumen mobkas.

"Kalau melihat dari kondisinya, Sienta punya potensi. Soalnya, Honda sudah tidak produksi Freed, jadi mungkin nantinya bisa menjadi pilihan baru konsumen di atas Avanza atau Xenia," kata Herjanto kepada VIVA.co.id.

Gak Mungkin Mobil Bekas Ini Paling Laku di Indonesia, Kok Bisa?

Namun demikian, Herjanto menilai potensi bagusnya Sienta sebetulnya disinyalir akibat masyarakat tidak mempunyai pilihan lain di kelas yang sama.

"Sienta itu mobilnya jujur saja kurang enak tapi masalahnya masyarakat tidak ada pilihan, Freed sudah setop produksi. Akhirnya ambil Sienta, apalagi diobral bagaimana tidak ramai," ujarnya.

Toyota Sienta Baru Segera Hadir, Lebih Mewah dan Keren

Secara kompetisi, lanjut Herjanto, segmen pintu geser saat ini memang telah didominasi oleh MPV medium, seperti Biante, Nav-1, atau Serena. Namun, harga Sienta baru yang mahal dan desainnya yang kurang menarik membuat harga bekasnya anjlok.

"Harga barunya mahal, sementara bekasnya cukup turun. Tapi, populasinya kan juga tidak terlalu banyak ya paling sedikit juga yang bekasnya," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan salah satu penjual mobil bekas di WTC Mangga Dua, Yaya. Menurutnya, harga bekas Sienta cukup anjlok karena banyak konsumen yang tak cukup suka dengan desain bodi luarnya.  

"Banyak orang yang tidak suka dengan bodi luarnya, selain itu peminatnya kurang juga. Logikanya harga Rp260,2 juta untuk tipe V Manual dan bekas Rp219 juta sekarang di saya ini masih nangkring, belum ada yang minat," lanjut Yaya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya