Sepi Peminat, Etios Masih Dijual Toyota?

Toyota Etios Valco versi facelift
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) pada November 2016 lalu sempat mengutarakan bahwa Etios Valco sudah “disuntik mati”. Tapi saat berita itu tersebar, pihaknya mengonfirmasi ulang bahwa Etios tidak jadi disuntik mati.

Begini Jadinya Jika Pemula Nyetir Mobil Sport Toyota

Namun, menurut penelusuran VIVA.co.id di beberapa diler Toyota, mobil 1.200 cc ini memang tak dipajang lagi, termasuk di booth Toyota pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Kebanyakan para wiraniaga hanya menawarkan Agya terbaru bermesin 1.200 cc.

Ketika dikonfirmasi, Fransiscus Soerjopranoto selaku Executive General Manager PT TAM, enggan berkomentar perihal tidak dipamerkannya Etios dalam ajang IIMS. Kata dia, yang jelas Etios hingga kini masih diproduksi dan dijual.

“Jualannya malah lebih bagus dari produksinya belakangan ini, coba cek data wholesales-nya. Produksinya kan enggak sampai 100 unit, mungkin sekitar 60 unit kalau saya enggak salah baca datanya,” ujarnya di JlExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

50 Tahun Kiprah di Indonesia, TAM Hadirkan Toyota GAZOO Racing

Dia menegaskan, pasar Etios hingga kini masih terbuka, namun Toyota tak mau jika Etios dibandingkan dengan low cost green car (LCGC) Agya, karena memang memiliki segmentasi pasar berbeda. Etios segmen low, sementara Agya segmen entry.

“Cuma problemnya di Etios tidak ada transmisi matik, kalau Agya kan ada pilihan matiknya. Jadi banyak customer yang memilih Agya matik, pokoknya nanti yang memberikan informasi dari pihak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saja,” kata dia. (one)

Toyota Bongkar Rahasia Peluncuran Avanza
New Kijang Innova

Kian Menawan, Ini Tampilan Eksterior dan Interior New Kijang Innova

New Kijang Innova disematkan oleh beberapa fitur dan tampilan baru oleh PT Toyota-Astra Motor yang membuatnya lebih premium dan tough.

img_title
VIVA.co.id
29 November 2021