150 Bus Transjakarta Ramah Disabilitas Beroperasi Agustus

Bus Transjakarta Mercedes-Benz ramah kaum disabilitas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA.co.id – Tak hanya menggelar pameran kendaraan komersial saja, Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) juga turut melakukan penyerahan simbolis bus Transjakarta di International Convention Exhibition (ICE), BSD Serpong, Tangerang Selatan.

Antisipasi Perluasan Ganjil-Genap, Transjakarta Tambah Armada

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, mengatakan, bus ini low entri dan untuk angkutan non koridor (bukan berada di jalur Busway). Kata dia, jumlahnya untuk Mercedes-Benz 150 unit, dan akan digunakan Agustus 2017 di 12-15 rute di DKI Jakarta.

"Jadi bertahap, kalau untuk hari ini tujuh unit (yang sudah diserahkan). Ini bus kota yang mempetimbangkan kaum disabilitas, karena dengan lantai khusus dan airsuspensi yang bisa membuat bus jadi lebih rendah," ujarnya di ICE, BSD Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu 6 Mei 2017.

TransJakarta Mau Saingi Ojek Online, Begini Jurusnya

Kenapa Transjakarta kembali menggandeng Mercedes-Benz? 

Budi mengungkapkan, tetap digandengnya Mercedes-Benz karena persyaratan di Transjakarta itu melewati Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 106 Tahun 2007.

Kerennya Bus TransJakarta Baru, Pakai Bahan Ringan

"Dalam LKPP baru dua merek yang tercantum yaitu Mercedes-Benz dan Scania, jadi mereka tahulah merek yang bagus itu siapa saja. Tapi kedepannya kami akan menggunakan semua merek yang mempunyai kualitas bagus," tuturnya.

Sementara, Ralf Kraemer, Managing Director Commercial Vehicle MBDINA, mengatakan, keseriusan pemerintah dalam menyediakan transportasi umum yang berkualitas menjadi alasan Mercedes-Benz untuk terus melakukan inovasi.

"Seperti menyediakan bus berkualitas, aman dan ramah bagi difabel. Kami pun berterima kasih atas kepercayaan dari Transjakarta, Mayasari Bakti, dan PO Lorena yang kembali memakai bus Mercedes-Benz," sambungnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya