Soal SUV Terkencang, Toyota Pecundangi Bentley

Toyota Land Cruiser bermesin 2.000 daya kuda.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Mobil jenis sport utility vehicle atau SUV bongsor milik Toyota, yakni Land Cruiser, bukanlah sebuah mobil yang identik dengan kecepatan. Mobil ini lebih difungsikan untuk menjelajah berbagai medan jalan, mulai dari lumpur hingga pasir.

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Namun, hal itu tidak menyurutkan niat Toyota Amerika untuk bereksperimen dengan mobil tersebut. Dilansir dari Paultan, Senin 8 Mei 2017, mereka melakukan modifikasi pada mobil tersebut untuk menjadi SUV paling kencang di dunia.

Agar bisa melakukan hal itu, mesin Land Cruiser tipe 3UR-FE delapan silinder berkapasitas 5.700 cc ditambahkan perangkat turbocharger buatan Garrett sebanyak dua buah. Tekanan turbo dibuat sebesar 55 per square inch.

Terpopuler: Mobil Irit BBM di Bawah Rp100 Juta, Pajero Sport Baru Sudah di Diler

Tingginya tekanan turbo membuat teknisi harus mengganti piston dan saluran masuk bahan bakar, agar tidak mudah jebol. Saat diuji di alat pengukur tenaga mesin, performa yang dihasilkan mencapai 2.000 daya kuda. Tim lalu menyesuaikan transmisi agar bisa menangani tenaga sebesar itu dengan baik

Urusan mesin selesai, pengerjaan kemudian fokus pada penggarapan bodi mobil. Agar mudah membelah angin, bodi mobil diturunkan, lebar sasis dibuat lebih kecil dan beberapa aksesori yang berhubungan dengan aerodinamika dipasang.

Toyota Indonesia Umumkan Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600

Agar tenaga dapat berpindah ke jalan dengan sempurna, Toyota memakai ban Michelin Pilot SUper Sport bertapak lebar.

Setelah semua pengerjaan selesai, waktunya untuk turun ke jalan. Rekor SUV terkencang sebelumnya adalah 339,57 kilometer per jam. Saat beberapa kali dipacu, Land Cruiser bertenaga buas itu mampu melaju hingga 370,18 kilometer per jam.

Angka itu jauh lebih cepat dari SUV mewah andalan Bentley, yakni Bentayga, yang merupakan mobil SUV produksi massal terkencang saat ini. Sayangnya, Toyota tidak berniat untuk memproduksi Land Cruiser kencangnya untuk diperjualbelikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya