Toyota Pakai Supercomputer Nvidia untuk Mobil Autonomous

Logo Toyota
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Sejumlah produsen otomotif di dunia tengah berlomba-lomba mengembangkan mobil autonomous alias bisa mengemudi sendiri.

VIDEO: Bus Tanpa Sopir Mulai Seliweran di Jalan Raya

Sebagai produsen mobil terbesar, Toyota Motor Corp tentu tak mau ketinggalan. Mereka menggandeng pembuat chip ternama, Nvidia, untuk membuat mobil autonomous.

Kendaraan tersebut akan menggunakan platform komputer Nvidia Drive PX AI. Seperti yang dilansir Carscoops, Kamis 11 Mei 2017, proyek mobil autonomous dibuat Toyota untuk mengurangi korban tewas akibat kecelakaan.

Siap-siap, Tahun Depan Toyota Bikin Gebrakan Baru

"Tujuan akhir kami ingin mengurangi korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas hingga mencapai nol, lalu kami ingin lalu lintas lancar dan memberikan mobilitas bagi semua orang," kata General Manager Eksekutif Toyota, Ken Koibuchi.

Bagi Nvidia, bermitra dengan Toyota adalah rangkaian terbaru antara perusahaan teknologi dengan produsen mobil. Sebelumnya, Nvidia telah berkolaborasi dengan Audi dan Mercedes-Benz dalam mengembangkan mobil autonomous.

Toyota-Mazda Rangkulan, Bikin Model Baru di Indonesia?

"Supercomputer Nvidia Drive PX menggabungkan data yang masuk dari perangkat keras mobil seperti kamera dan radar serta menggunakan kecerdasan buatan membantu mobil memahami lingkungannya," ujar Direktur Senior Otomotif Nvidia, Danny Shapiro.

Namun, kemungkinan teknologi otonom yang akan digunakan di beberapa tahun ke depan masih memerlukan keterlibatan pengemudi. "Melalui kerja sama ini kami berniat mempercepat pengembangan sistem penggerak otonom yang lebih aman dan mandiri," tutur Ken. (one)

New Toyota Vios 2018

Toyota Suntik Grab Rp13,9 Triliun

Toyota perusahaan otomotif yang investasi terbesar di Grab.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2018