Pabrik Nissan dan Renault Jebol Diserang Virus Ransomware

Logo Nissan.
Sumber :
  • Reuters/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id – Beberapa negara saat ini telah terpengaruh oleh virus 'pemalak' ransomware, yang menginfeksi komputer di banyak negara, termasuk Indonesia. Hal ini setidaknya juga dialami pabrik Nissan dan Renault yang terpengaruh serangan siber itu. Bahkan kegiatan pabrik Renault terpaksa berhenti produksi sementara akibat serangan itu.

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Laporan menyebut produsen mobil Prancis Renault menghentikan produksi di beberapa lokasi untuk mencegah penyebaran serangan siber global yang menimpa sistem komputernya. Rekannya yang juga satu aliansi Nissan di Inggris juga telah ikut diretas, meski sejauh ini perusahaan belum mengatakan apakah produksinya telah terpengaruh akibat serangan ini.

"Tindakan proaktif telah dilakukan, termasuk penghentian sementara aktivitas industri di beberapa lokasi," kata juru bicara Renault seperti dilansir Autocar, Senin, 15 Mei 2017.

Dalam Setahun Mobil Mitsubishi Ini Dibuat 100 Ribu Unit

Pabrik Renault di Sandouville di Perancis barat adalah salah satu pabrik yang menghentikan produksi. Namun juru bicara itu menolak untuk menjabarkan detail situs-situs yang terkena dampak. Artinya, dua pabrikan tersebut adalah yang pertama melaporkan serangan ransomware dari industri otomotif.

"Seperti banyak organisasi lainnya, pabrik kami di Inggris mengalami serangan ransomware yang mempengaruhi beberapa sistem kami pada hari Jumat malam," kata seorang juru bicara Nissan. "Tim kami sedang berusaha menyelesaikan masalah ini."

Bos Honda Bertemu Nissan, Bahas Isu Penting

Penyebaran ransomware

Virus ransomware berjenis wannacry yang menginfeksi komputer, meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer tersebut dan dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB. Virus ini bisa melakukan eksekusi perintah, lalu menyebar ke komputer windows lain pada jaringan yang sama. 

Semua komputer yang tersambung ke internet masih memiliki kelemahan ini, apalagi komputer yang berada pada jaringan yang sama, memiliki potensi terinfeksi terhadap ancaman wannacry. Setiap komputer windows yang sudah terinfeksi akan mendapatkan tampilan aneh.

Dari tampilan diketahui bahwa wannacry meminta ransom atau dana tebusan agar file-file yang dibajak dengan enkripsi bisa dikembalikan dalam keadaan normal lagi. Dana tembusan yang diminta adalah dengan pembayaran bitcoin yang setara dengan 300 dolar Amerika. Wannacry memberikan alamat bitcoin untuk pembayarannya.

Di samping itu juga memberikan deadline waktu terakhir pembayaran dan waktu di mana denda tebusan bisa naik jika belum dibayar juga. (ase)

Juara One Pride MMA, Paul Lumihi, terkejutkan saat di depannya terdapat sebuah mobil super, Porsche 718 Boxster. Jantung juara kelas bulu itu pun hampir copot saat menjejak mobil tersebut. Saksikan videonya di "Celebrity Dream Car" ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya