Harga Mobil Sedan Mahal Gara-gara Pola Pikir Zaman Dulu

Honda Accord Maestro lansiran 1990.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Berbeda dengan kendaraan lain, mobil jenis sedan di Indonesia dibebani pajak lebih tinggi. Sebab, sedan dianggap sebagai kendaraan mewah dan memiliki nilai gengsi yang lebih tinggi dari model lainnya, seperti multi purpose vehicle atau sport utility vehicle. Hal itu terjadi sejak era 80-an.

Jadi Simbol Kesuksesan, Segini Harga Mobil Sedan Terbaru Desember 2023

"Jadi begini, mobil MPV PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) 10 persen. Ditambahkan ‘buntut, langsung PPNBM 30 persen. Dulu, MPV dibilang mobil orang enggak punya, sedan mobil orang kaya, jadi PPnBM naik," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, di Jakarta.

Hal tersebut ditegaskan Yohannes harus segera diubah saat ini. Karena, mobil sedan bukan lagi kendaraan eksklusif bagi orang-orang kaya.

Terpopuler Otomotif: Pemotor Kena Piting di Pom Bensin, Daftar Motor Matik dengan Bagasi Luas

"Padahal, kalau lihat sekarang MPV banyak jenis yang mewah. Merek top pun banyak MPV," ujarnya.

Ia juga menegaskan, mobil sedan saat ini merupakan model yang banyak diminati secara global. Sehingga, penjualan secara ekspor banyak tergantung dari model tersebut.

Mobil Sedan dengan Tampilan Mewah Ini Disetop Produksinya

Itu sebabnya, agar dapat bersaing di pasar dunia, ia meminta pemerintah untuk menurunkan pajak mobil jenis sedan.

"Orang (Indonesia) enggak berani beli sedan karena harganya mahal, sementara di Thailand sama. Jadi akibatnya, sedan diproduksi semua di sana. Datang ke Indonesia dari Thailand. Pasar dunia itu menginginkan sedan," katanya.

Yamaha RX-King 2003 Anniversary

Terpopuler Otomotif: Harga Yamaha RX-King Bekas Akhir Tahun, Vespa Mickey Mouse Hadir di RI

Berita yang membahas tentang harga Yamaha RX-King bekas akhir tahun dan Vespa Mickey Mouse hadir di RI, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023