Komparasi Mobil Keluarga Tujuh Penumpang Rp120 Jutaan

Mobil Wuling Confero S
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Secara umum, penjualan mobil penumpang di Indonesia didominasi jenis multi purpose vehicle atau MPV.

Komparasi Honda Freed vs Toyota Sienta dan Harga Bekasnya

Kelebihan dari mobil MPV adalah sifatnya yang multifungsi, bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari berlibur bersama keluarga, mengangkut barang hingga dipakai sebagai mobil operasional kantor.

Dari semua jenis MPV yang ada, tipe terendah (low MPV) adalah yang paling laku diborong konsumen. Harga yang ditawarkan yakni di kisaran Rp100-200 jutaan.

Kaget Lihat Mobil Anggota DPR RI Cantik yang Minta Dikawal TNI

Khusus di harga Rp120 jutaan, ada tiga mobil keluarga yang bisa jadi pilihan saat ini. Dua di antaranya sudah beredar resmi, yakni Daihatsu Sigra 1.2X MT dan Datsun GO+ T Style.

Sedangkan satu lagi, yaitu Wuling Confero 1.5, baru diluncurkan secara resmi pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS ) 2017, yang resmi digelar dua hari lagi.

Kisah Mobil Wuling Terlaris Sedunia di Indonesia

Selisih harga ketiga mobil berkapasitas tujuh penumpang itu juga tidak jauh. GO+ dan Sigra X dijual dengan harga Rp127,15 juta, sementara Confero Rp128,8 juta.

Sebagai catatan, baik Sigra maupun GO+ masuk kategori mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC). Artinya, spesifikasi mesin dan kualitas material akan berbeda dengan Confero.

Datsun GO Panca+ di ajang IIMS 2017.

Datsun GO+

Dilihat dari dimensi, Confero yang paling besar di antara dua mobil lainnya. Panjang Confero mencapai 4.493 milimeter (mm), lebar 1.691 mm dan tinggi 1.715 mm.

Sigra memiliki ukuran panjang 4.090 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm. Sementara, dimensi GO+ yakni panjang 3.995 mm, lebar 1.635 mm dan tinggi 1.490 mm.

Saat digunakan untuk putar balik, Sigra keluar sebagai pemenang. Sebab, radius putarnya hanya 4,5 meter. GO+ memiliki radius putar 4,5 meter, sementara Confero jauh lebih besar, yakni 5,5 meter.

Selanjutnya...mesin dan interior

Karena Sigra dan GO+ masuk kategori LCGC, maka mesin yang digunakan lebih kecil dari Confero. Baik Datsun maupun Daihatsu membekali mobil LCGC mereka dengan mesin berkapasitas 1.200 cc.

Namun, GO+ hanya menggunakan tiga silinder di mesinnya, sementara Sigra sudah empat silinder. Confero memiliki kapasitas mesin paling besar, yakni empat silinder 1.500 cc.

Soal tenaga, tentu Confero yang paling besar, yakni 107 daya kuda dan torsi 142 Newton meter. Tenaga mesin Sigra adalah 88 daya kuda dan torsi 108 Nm.

Datsun GO+ harus puas untuk urusan tenaga mesin, karena hanya bisa menghasilkan 68 daya kuda dan torsi 104 Nm.

Kapasitas tangki Confero juga paling besar, mencapai 42 liter. Sigra hanya 36 liter dan GO+ 35 liter. Ketiganya bisa diisi dengan bahan bakar bensin tanpa timbal.

Mesin yang dipasang pada Sigra dan GO+ digunakan untuk menggerakkan roda depan. Wuling merancang Confero dengan penggerak roda belakang. Ketiga mobil memakai model transmisi yang sama, yakni manual lima percepatan.

Bicara soal pemilihan roda, ketiga mobil ini memakai ukuran yang berbeda-beda. Datsun tetap mempertahankan ban ukuran 13 inci, sementara Daihatsu memasang ban 14 inci. uling memutuskan bahwa ban 15 inci adalah yang paling cocok untuk Confero.

Daihatsu Sigra.

Daihatsu Sigra

Seperti telah disebutkan di atas, ketiga mobil ini mampu menampung hingga tujuh orang. Namun khusus untuk Confero, tipe yang dijual dengan harga Rp128 jutaan hanya tersedia dalam pilihan jok untuk delapan penumpang.

Ketiga mobil sudah dibekali dengan layar informasi mengenai status kendaraan (multi information display atau MID). Khusus untuk pendingin udara atau AC, hanya Sigra dan Confero yang telah dibekali dengan kipas tambahan (double blower). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya