Mobil Teronggok Berbulan-bulan, Apa yang Harus Dilakukan?

Mobil teronggok
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id – Pemilik mobil, tidak melulu menggunakan kendaraannya untuk beraktivitas harian. Dalam kasus tertentu, bahkan ada mobil yang dibiarkan 'nongkrong' selama berbulan-bulan dengan mesin yang dibiarkan tidak menyala.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Jika mobil didiamkan dalam waktu cukup lama dengan mesin yang tidak pernah dinyalakan, sebaiknya pemilik melakukan penggantian oli terlebih dahulu. Hal ini, lantaran kualitas oli yang mengendap di bawah mesin selama itu bisa berbuah.

"Kalau misalnya, enam bulan, atau lebih gitu enggak dipakai mobilnya, terus mesin juga enggak dipanasi, sebaiknya memang ganti oli," kata Shofwatuzzaki, B2C Lubricants Technical Manager PT Shell Indonesia di Jakarta, Senin 28 Agustus 2017.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Penggantian oli mesin tersebut, kata Zaki, dilakukan agar mesin mendapat pelumas yang baik dan sesuai. Sehingga saat mesin nyala, dan komponen di dalam mesin mulai bekerja, oli bisa melapisinya dengan baik.

"Jad,i ganti saja olinya kalau memang sudah lama. Keluarkan dulu oli yang lama dari bawah. Kemudian tuang atau isi mesin dengan oli baru. Oli itu kan diisinya dari bagian atas mesin, jadi saat mesin sudah lama enggak kerja, dia bisa dilumasi lagi sama oli baru, ketimbang oli yang ada di dalam mesin yang kita enggak tahu kondisinya," katanya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Cara perawatan mobil paling mudah ialah dengan rutin mengganti oli dan komponen sesuai dengan buku manual dari pabrikan. Biasanya, pabrikan mobil menyarankan penggantian oli dengan jarak 10 ribu atau ada pula yang 20 ribu kilometer. (asp)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022