Banyak Beredar Aki Palsu, Namanya Diplesetkan

Aki Baru GS Astra Autoparts.
Sumber :
  • Herdi M/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak suku cadang baik sepeda motor maupun mobil palsu yang beredar di pasar aftermarket. Rata-rata suku cadang palsu hampir mirip dengan asli, harganya pun tak jauh berbeda dengan yang asli pabrik atau original equipment manufacturers (OEM).

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Ini Penyebabnya

Astra otoparts sebagai produsen komponen otomotif di Indonesia tak menampik bahwa sampai saat ini masih banyak suku cadang palsu berseliweran di pasaran. Menurut Direktur Pemasaran Astra Otoparts, Yusak Kristian, suku cadang milik Astra otoparts yang paling banyak dipalsukan adalah aki.

"Yang paling banyak dipalsukan itu aki, karena di aki kami posisinya market leader. Namanya sering kali diplesetkan," kata Yusak kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Ini Faktor Penyebab Aki Mobil Bisa Meledak

Dia mengatakan bahwa peredaran aki palsu sangat mengganggu lahan bisnisnya di Indonesia. Namun dia, tak mengetahui secara pasti angka kerugian yang dialami. "Tapi sampai saat ini kami masih mempertahankan market share selama tiga tahun terakhir," katanya.

Kata dia, konsumen pun bisa mengikuti beberapa cara agar tak tertipu saat membeli suku cadang termasuk aki. Kata dia, setiap suku cadang asli terdapat logo Astra Otoparts. "Yang asli ada logo Astra Otoparts. Harus lebih kritis sih pastinya tapi yang paling mudah lihat logonya," katanya.

7 Tips Perawatan Aki Motor Biar Gak Cepat Soak

Kemudian, konsumen disarankan membeli di bengkel resmi sebagai tempat distribusi suku cadang dari pabrikan. Saat pembelian, konsumen juga disarankan untuk bertanya perihal produk tersebut.

"Beli di tempat percaya sih, kalau kami kan ada shop and drive. Konsumen harus bertanya juga soal keaslian produk," kata dia.

VIVA Otomotif: Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler Otomotif: Mobil Baru Toyota Laku Keras, Deretan Masalah Akibat Aki Motor Soak

Berita yang membahas mengenai mobil baru Toyota laku keras dan deretan masalah akibat aki motor soak, banyak sekali dibaca sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023